Kaset (catridge) Nintendo Switch.
Kaset (catridge) Nintendo Switch.

Jangan Beli Kaset Game Nintendo Switch Versi Tiongkok, Kenapa?

Teknologi teknologi games tiongkok nintendo nintendo switch
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Januari 2020 10:33
Jakarta: Gamer Nintendo Switch diimbau untuk lebih berhati-hati ketika ingin membeli game bentuk fisik atau kaset untuk perangkat tersebut. Ada jenis kaset yang mungkin tidak bisa digunakan.
 
Diketahui bahwa Tencent sudah bekerja sama dengan Nintendo sebagai mitra untuk memasarkan Switch di Tiongkok.Regulasi negara tersebut mengharuskan game yang beredar lewat proses pengawasan. Tencent akan menjadi perwakilan Nintendo untuk merilis game di Tiongkok.
 
Dikutip dari Forbes, ternyata Nintendo memberikan izin berupa fitur region lock kepada kaset game yang dibuat oleh Tencent. Artinya, kaset game maupun game di dalamnya yang buatan Tencent hanya bisa dimainkan di negara tertentu, yang dalam hal ini eksklusif untuk Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kabar ini pertama kali diketahui dari cuitan akun Twitter analis industri game firma Niko Partnwrs bernama Daniel Ahmad. Dia membagikan informasi ini kepada pengguna Nintendo Switch.
 
"Kaset game yang dirilis untuk Nintendo Switch dari Tencent tidak akan berfungsi di perangkat Switch versi global," tulisnya di Twitter. Meskipun begitu, perangkar Switch versi Tencent akan tetap bisa menggunakan kaset game versi global. Konsekuensinya merema tidak bisa terhubung layanan dan konten yang disediakan Tencent.
 
Tentu saja hal ini adalah kabar buruk. Selama ini Nintendo tidak pernah melakukan region lock seperti game di platform atau konsol lain. Sebelumnya mereka hanya melakukan pembatasan berdasarkan dukungan bahasa yang digunakan di dalam game.
 
Kemungkinan, pengguna Nintendo Switch versi global tidak akan mendapatkan konten game yang dimiliki pengguna Switch versi Tencent atau Tiongkok. Hal ini jelas mempersempit koleksi konten game yang dimiliki Nintendo Switch.
 
Nintendo Switch merupakan platform gaming yang masih berusia muda. Banyak developer yang belum mau merilis game baru untuk Nintendo Switch karena alasan kemampuan perangkat yang tidak kompatibel.
 
Kondisi tersebut membuat developer dan publisher game memilih untuk melakukan porting dari game lawas mereka ke Nintendo Switch. Cara lain yang dilakukan adalah dengan menurunkan kualitas bawaan dari game tersebut sehingga bisa dimainkan di Nintendo Switch.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif