NEWSTICKER
Punya komitmen baik di ranah game, sehingga Free Fire Garena menjadi salah satu game di Piala Presiden Esport 2020.
Punya komitmen baik di ranah game, sehingga Free Fire Garena menjadi salah satu game di Piala Presiden Esport 2020.

Ini Alasan Piala Presiden Esports 2020 Gandeng Free Fire

Teknologi teknologi games esports Piala Presiden Esports 2020
Lufthi Anggraeni • 27 Januari 2020 15:55
Jakarta: Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Kantor Staf Presiden (KSP) kembali menggelar kompetisi Piala Presiden Esports 2020.
 
Pada gelaran tahun kedua ajang kompetisi olahraga elektronik ini, Piala Presiden Esports 2020 mendapuk Samsung sebagai mitra resmi untuk perangkat yang digunakan selama pertandingan, serta game Free Fire sebagai salah satu game yang dipertandingkan.
 
“Pemilihan game Free Fire sebagai salah satu game yang dipertandingkan di Piala Presiden bukan cuma melihat game ini menarik dan bisa dimainkan oleh semua kalangan, tapi juga karena melihat komitmen dan itikad baik yang diusung oleh Garena sebagai pengembang,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha Djumaryo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu komitmen Garena yang digarisbawahi Giring adalah kesediaan pengembang game ini dalam melakukan sejumlah perubahan untuk disesuaikan dengan usia pemain. Garena disebut bersedia menghilangkan unsur gambar visual yang terlalu menunjukan kekerasan, mengingat game karyanya juga bisa dimainkan oleh anak remaja.
 
Selain itu, Garena juga mendukung kompetisi yang diselenggarakan untuk anak muda yang masih menjalani pendidikan di lembaga pendidikan resmi atau sekolah, namun menerapkan syarat bahwa nilai peserta harus diatas 70.
 
Dengan demikian, game karya Garena ini dinilai tidak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tapi juga aman dan mendukung atlet atau pemain game ini memiliki karir yang baik, sebab juga didukung oleh pendidikan yang baik.
 
Sementara itu saat disinggung soal tren di tahun 2020 ini, Giring menyebut genre game First Person Shooter (FPS) masih akan menjadi tren. Free Fire disebut akan menjadi salah satu game yang akan populer, dengan pergeseran popularitas.
 
Tahun ini, Giring memprediksi bahwa game Free Fire tidak hanya akan populer di masyarakat sub-urban, namun juga akan bergeser di masyarakat urban. Namun, Giring menilai bahwa Free Fire tidak boleh lengah mengingat game populer lain, League of Legends, dikabarkan akan hadir dalam versi mobile pada tahun 2021.
 
Sementara itu, atlet esports juga dinilai Giring sebagai ranah pekerjaan yang menjanjikan mengingat memungkinkan atlet untuk memperoleh pendapatan yang besar jika berhasil menjadi profesional.
 
Giring menyebut ranah ini masih memiliki pekerjaan rumah untuk memperbaiki dan memperbesar ekosistem esports. Sebab saat ini, Giring menilai masih banyak model bisnis yang belum dirambah oleh atlet esports.
 
Sebagai informasi, Piala President Esports 2020 menerima pendaftaran dari 177 ribu atlet, diklaim Giring meningkat sebanyak 10 kali lipat dari gelaran tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 18 ribu atlet.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif