Konsol mini Capcom yang langsung hadir dengan controller khas mesin game arcade.
Konsol mini Capcom yang langsung hadir dengan controller khas mesin game arcade.

Capcom Hidupkan Game Klasik Lewat Konsol Mini

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 17 April 2019 16:56
Jakarta: Sony, Nintendo, dan SEGA adalah daftar perusahaan game yang sejak tahun lalu dan tahun ini merilis konsol klasik. Di dalamnya juga dilengkapi game klasik terkenal di masanya. Kini giliran Capcom yang ikut mengajak nostalgia.
 
Menariknya, game klasik Capcom tidak sekadar dirilis ulang, tapi juga dihadirkan eksklusif lewat konsol mini. Padahal Capcom sendiri merupakan perusahaan publisher game, bukan hardware. Dikutip dari Eurogamer, konsol mini Capcom bakal memiliki desain menarik.
 
Konsol mini tersebut memiliki desain berbentuk logo Capcom. Di atasnya konsol ini memiliki dua joystick dan deretan tombol yang sama seperti mesin arcade. Hal tersebut tidak aneh, mengingat game Capcom selama ini memang banyak disediakan di mesin game arcade.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsol mini Capcom memiliki ukuran panjang 74cm dengan lebar 22cm. Tersedia 16 game klasik Capcom yang tertanam langsung di dalamnya. Di antaranya adalah Captain Comando, Street Fighter, Mega Man, dan seri terkenal lainnya.
 
Capcom Hidupkan Game Klasik Lewat Konsol Mini
 
Untuk memainkannya, konsol mini ini menyediakan port MicroUSB untuk menyediakan pasokan listrik sementara output display tersedia port HDMI. Tidak ketinggalan di dalamnya tersedia fitur WiFi Onboard jadi bisa terkoneksi ke internet.
 
Dengan terkoneksi ke internet, Capcom menyediakan layanan global leaderboards untuk setiap game di dalamnya. Jadi Anda bisa melingkat peringkat Anda dibandingkan pemain lain dalam game yang disediakan di konsol mini Capcom.
 
Capcom disebut berencana merilis konsol mini ini pada 25 Oktober 2019. Banderolnya sekitar Rp3,6 juta. Sayangnya Capcop tidak berencana memproduksi jumlah banyak alias terbatas. Langkah ini serupa dengan konsol klasik mini yang dirilis Sony dan Nintendo serta Sega.
 
Capcom memang tengah berjaya di industri bisnis termasuk lewat game klasik yang dirilis ulang. Baru ini mereka sukses lewat game remastered dari Resident Evil 2. Game klasik tersebut dirilis kembali dengan tampilan grafis khas game saat ini tapi gameplay yang masih sama.
 
Kesuksesan tersebut membuat pihak Capcom kabarnya mempertimbangkan untuk melakukan remastered ke satu seri klasik lagi, yaitu Resident Evil 3: Nemesis.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif