Bethesda: Tidak Semua Game Kami Lepas dari Steam
Adegan di Fallout 76.
Jakarta: Beberapa waktu lalu Bethesda dengan tegas menyatakan Fallout 76 akan ekslusif hadir di situs mereka sendiri, dan tidak mengandalkan Steam.

Dikutip dari IGN, pihak Bethesda mengatakan bahwa langkah berani yang diambilnya adalah bagian dari cara untuk menjangkau langsung para penggemarnya, berdasarkan pengakuan Senior VP of Global Marketing Bethesda Pete Hines.

"Kami menyatakan bahwa game ini akan tersedia hanya di Bethesda.net. Kami tidak menyatakan bahwa game kami ke depannya juga tidak akan hadir di Steam," ungkap Hines.


Misalnya game terbaru franchise Doom yaitu Doom Eternal yang sudah membagikan sedikit gameplay. Hines menyatakan belum tahu apakah game tersebut akan eksklusif di Bethesda.net atau hadir juga di Steam.

Hines menambahkan bahwa dengan meluncurkan Fallout 76 sendiri, Bethesda bisa menyediakan pengalaman atau layanan lebih baik kepada penggemarnya secara langsung ketimbang lewat perantara pihak lain.

"Ada hal yang berbeda saat kita bisa bekerja sama langsung dengan penggemar atau pemain game kita, kita menjadi lebih mudah berkomunikasi dengan pemain mereka. Saat terjadi sebuah masalah di game kami, kami bisa lebih mudah mengetahui letak kesalahan kami," jelas Hines.

Hines mengakui berdasarkan pengalaman bekerja sama dengan platform lain, sering terjadi banyak masalah komunikasi antara pihak publisher dan gamer. Bethesda mengaku telah mencoba langsung hubungan komunikasi langsung dengan penggemarnya dan responsnya lebih baik.

Hines optimistis bahwa langkah mereka kali ini akan memiliki dampak positif. Dia mencontohkan bagaimana Blizzard juga mengambil langkah yang sama dengan Battle.net tetap sukses hingga saat ini.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.