Kitaria Fables adalah game buatan lokal dari studio Twin Hearts asal Yogyakarta.
Kitaria Fables adalah game buatan lokal dari studio Twin Hearts asal Yogyakarta.

Review Game

Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon

Teknologi games review game indonesia
Cahyandaru Kuncorojati • 20 Oktober 2021 18:37
Jakarta: Beberapa waktu lalu Medcom.id membeli salah satu game baru di platform Steam yaitu Kitaria Fables yang digarap oleh developer bernama Twin Hearts dan publisher PQube Limited. Kami cukup penasaran karena game dengan tampilan menggemaskan ketimbang keren tersebut mendapatkan ulasan “Mostly Positive” di Steam.
 
Penelusuran Medcom.id mengungkap informasi bahwa Twin Hearts adalah buatan developer game asal Yogyakarta. Hal tersebut jelas membuat kami semakin tertarik untuk mencoba game ini ditambah deskripsi di halaman Steam yang menyebutkan game ini menggabungkan genre RPG (Role Playing Game) dan farming seperti Harvest Moon.
 

Desain Karakter dan Dunia Menggemaskan

Di Kitaria Fables, semua karakter adalah fauna yang digambarkan sangat menggemaskan. Kesan ini memang sudah tertangkap dari desain cover art game dan nama game tersebut. Di awal permainan, gamer bisa memilih skin dari karakter utama yang dimainkan yaitu Nyanza von Whiskers bahkan di Steam dijual bundling untuk skin berbeda.
 
Hal tersebut memang jauh dari kesan game genre RPG yang selama ini karakter atau temanya lebih ke arah aksi atau keren dengan beragam kustomisasi. Tentu saja karakter kucing yang Anda mainkan juga bisa dilengkapi ragam senjata dan armor, khas game RPG.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Kualitas atau desain grafis dunia Kitaria Fables juga jauh dari kesan keren dan aksi meskipun di adegan battle tampilannya sangat serupa dengan elemen game RPG yang ada saat ini. Hal ini menurut kami membuat Kitaria Fables terasa ringan, tidak berat atau membuat kita stres karena terlalu serius memikirkan sistem RPG seperti di game lain.
 
Meskipun begitu pada beberapa bagian game memang terasa kualitas atau desain grafisnya sangat sederhana untuk game modern contohnya, pada bagian percakapan dengan NPC serta desain map dunia Kitaria yang terkesan seperti ketinggalan untuk dipoles bahkan mirip game lawas.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Kami juga baru menyadari bahwa sebagian besar interaksi terjadi di luar bangunan. Hal ini bisa diterima sebagai cara developer untuk meringankan pekerjaan desain grafis dan fokus ke core gameplay.
 

Plot Cerita yang Sederhana

Kami tidak ingin membocorkan kisah dari game ini namun perlu dicatat bahwa plot cerita dari Kitaria Fables cukup sederhana untuk sebuah game RPG. Di sini Nyanza adalah seorang pasukan militer yang dikirim ke desa bernama Paw Village.
 
Dia ditugaskan untuk menyelidiki perubahan sifat monster di sekitar desa yang menjadi semakin agresif. Di sini tugas dan misi utamanya, pemain harus melawan monster, menjaga perdamaian di desa sekaligus melakukan investigasi penyebab monster menjadi sangat agresif.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Di sisi lain, pemain akan tetap mendapatkan side quest yang berguna untuk memperoleh ragam hadiah menarik yang bakal membantu progress permainan. Side quest yang diberikan juga tergolong tidak begitu sulit dan berfokus pada elemen RPG yaitu mengumpulkan item tertentu hingga crafting.
 
Pilihan untuk fokus ke core gameplay mungkin memang lebih aman dibandingkan menyajikan jalan cerita yang mungkin harus dibarengi dengan kualitas grafis yang memanjakan mata atau imersif. Jadi kami tidak bisa memberikan penilaian jelek untuk aspek latar cerita game.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 

Sistem Bertarung Khas RPG yang Dimodifikasi

Sepanjang game kami menemukan elemen RPG yang sangat kental. Gamer akan menemukan sejumlah monster yang normal dan agresif saat menyerang, ada juga monster yang menyerang secara berkelompok atau mob.
 
Pengalaman bertarung atau sistem combat di dalam Kitaria Fables cukup menyenangkan karena di sini gamer diberikan pilihan kombinasi bertarung. Tersedia senjata jenis melee, bow atau panah, dan magic spell. Semuanya memiliki skill dan spell yang banyak jenisnya.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Sayangnya hal ini kurang dieksekusi dengan matang karena slot untuk skill atau spell sangat terbatas yaitu empat slot. Elemen RPG di Kitaria Fables sedikit unik, mereka menghilangkan sistem leveling pada karakter dan menggantinya dengan sistem upgrade equipment untuk meningkatkan kemampuan.
 
Beberapa reviewer tampaknya mengeluhkan hal ini karena seperti kehilangan ciri khas game RPG. Meskipun begitu, bagi saya hal ini cukup membantu dengan menghilangkan kegiatan grinding yang mungkin lebih menyenangkan apabila diterapkan di model game MMORPG.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Penggantinya, pemain harus mengumpulkan sejumlah item atau material dari monster dan melakukan crafting termasuk saat menciptakan spell tertentu. Tidak hanya itu, mana yang digunakan untuk skill atau spell akan otomatis terpenuhi saat menyerang musuh, pemain tidak perlu menggunakan potion khusus.
 
Jelas sekali bahwa elemen RPG di Kitaria Fables dibuat lebih ringan dibandingkan game RPG maupun MMORPG. Kekurangan yang ditemukan adalah sejumlah monster terkadang tidak merespon serangan alias diam selama beberapa detik, sehingga membuat combat system terasa semakin mudah dan justru kurang seru.
 

Sistem Farming Khas Harvest Moon

Apabila di sistem crafting ada empat elemen material maka di sistem farming Kitaria Fables ada empat musim. Setiap musim memiliki jenis tanaman berbeda yang bisa dibudidayakan.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Gameplay farming simulation di Kitaria Fables menyediakan opsi bagi karakter untuk menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan looting dari berburu monster. Hal ini diakibatkan sistem crafting equipment yang jadi cara untuk memperkuat karakter Anda.
 
Kitaria Fables, Kombinasi RPG dan Harvest Moon
 
Hasil bercocok tanam juga bisa digunakan untuk membuat resep makanan yang bisa memulihkan status HP karakter. Di sini elemen Harvest Moon semakin terasa karena pemain bisa upgrade peralatan berkebun menggunakan mineral yang ditemukan secara acak di arena permainan.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id game Kitaria Fables menyediakan game buatan lokal yang menghibur meskipun sejumlah kekurangan yang ditemukan membuatnya terasa kurang dipoles. Namun hal ini menandakan karya studio Twin Hearts bisa lebih baik lagi.
 
Di tengah proses review kami menemukan bahwa game Kitaria Fables mendukung mode multiplayer hingga dua pemain. Sayangnya fitur ini hanya bisa dijajal lewat mode local co-op sehingga kami sulit menemukan rekan bermain.
 
JUDUL: Kitaria Fables
PLATFORM: PC, PS4/PS5, Xbox One Series, Xbox Series X/S, Nintendo Switch
DEVELOPER: Twin Hearts
PUBLISHER: PQube
GENRE: Action RPG, Farming Simulation
 
 
7.8
Kitaria Fables
Plus
  • Kualitas grafis cukup bagus
  • Gameplay RPG dan farming simulation menghibur
  • Patut diacungi dua jempol untuk sebuah game buatan lokal
Minus
  • Beberapa bagian kualitas grafisnya kurang dipoles
  • Elemen RPG masih memiliki sedikit kekurangan
  • Mode multiplayer hanya mendukung koneksi local co-op

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif