Modding game GTA V dengan menampilkan karakter Goku dari Dragon Ball.
Modding game GTA V dengan menampilkan karakter Goku dari Dragon Ball.

Di Jepang, Modder Game Bisa Dipenjara 5 Tahun

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 07 Januari 2019 12:47
Jakarta: Modding game adalah sebuah kegiatan modifikasi sebuah konten di dalam game, seperti mengubah tampilan maupun aspek atau elemen.
 
Karya dari kegiatan modding game disebut dengan mod dan biasanya tersedia secara gratis. Beberapa mod harus diakui membuat sebuah game lebih menarik.
 
Namun, tingkat kreativitas dari gamer yang patut diapresiasi tersebut ternyata secara keras dianggap hal ilegal oleh pemerintah Jepang, seperti yang dikutip dariKotaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah ini diambil berdasarkan kebijakan dari asosiasi perlindungan hak cipta Jepang yang bernama Association fo Copyright for Computer Software. Kegiatan dan konten modding game dianggap melanggar hukum yang melindungi persaingan tidak sehat karena mengancam bisnis industri game.
 
Pemerintah Jepang merasa harus ada perlindungan konten game yang beredar dari kegiatan modding, karena dapat mengganggu layanan atau bisnis perusahaan pengembang game.
 
Kebijakan ini muncul setelah kasus perusahaan pengembang periferal PC bernama Cyber Gadget yang menyediakan software bernama Save Editor yang bisa memodifikasi data permainan atau game yang tersimpan.
 
Software tersebut ternyata dimanfaatkan untuk membuat cheat atau kode curang game yang beredar. Oleh pemerintah Jepang hal ini juga termasuk tindakan ilegal karena software tersebut nantinya bisa diperdagangkan.
 
Pemerintah Jepang menyatakan bahwa setiap pelaku modding game atau pembuat software yang memungkinkan hal tersebut dapat diancam hukuman penjara hingga lima tahun dan denda sebesar JPY5 juta atau USD46.000 (Rp654 juta).
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif