Ilustrasi. (ABB Formula E)
Ilustrasi. (ABB Formula E)

Pembalap Formula E Ketahuan Pakai Jasa Joki di Pertandingan Esports

Teknologi teknologi games esports
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Mei 2020 13:11
Jakarta: Beragam event balapan di dunia nyata yang beralih ke game atau esports akibat turnamen yang berlangsung harus ditunda selama pandemi Covid-19 atau virtus Korona. Meskipun balapan virtual ini sebatas hiburan dan kegiatan amal, tidak akan memperebutkan piala sesungguhnya.
 
Sayang, ada driver atau pebalap yang tidak menghargai kegiatan atau keseruan yang disajikan untuk penggemarnya. Misalnya, pembalap dari Formula E yang ketahuan menggunakan jasa joki untuk balapan virtual atau esports.
 
Dikutip dari The Guardian, pembalap profesional Formula E dari tim Audi bernama Daniel Abt ternyata menyewa jasa profesional gamer untuk menggantikan dirinya melakukan balapan virtual. Bagaimana tim Formula E bisa mengetahui hal tersebut?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pembuat Fortnite Tolak Potong Sanksi YouTuber Curang
 
Dijelaskan bahwa investigasi yang dilakukan menemukan bahwa alamat IP (internet protocol) yang terhubung ke balapan virutal ternyata bukan berasal dari koneksi perangkat yang dimainkan Daniel. Dia sendiri menyelesaikan balapan di posisi ketiga.
 
Terungkap, dia menggunakan jasa gamer profesional bernama Lorenz Hoerzing yang berusia 18 tahun dan pemenang di kompetisi balapan esports. Sanksinya, Daniel harus membayarkan denda untuk kegiatan amal sementara Hoerzing didiskualifikasi dari turnamen balapan esports yang digeluti.
 
"Saya meminta maaf kepada penyelenggara Formula E, penggemar dan, kolega dan rekan satu tim karena tidak melakukan balapan ini dengan sungguh-sungguh," tutur Daniel.
 
Baca: Akibat Cheater, Gamer CoD: Warzone di Konsol Musuhi Pemain di PC
 
Balapan virtual beberapa bulan belakangan memang mengundnag kontroversi. Ada beberapa pembalap dari beragam turnamen yang mendapatkan sanksi akibat membuat ujaran kebencian di dalam game termasuk keluar dari game secara sepihak akibat kalah padahal balapan belum selesai.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif