League of Legends.
League of Legends.

League of Legends Bakal Sediakan Versi Mobile

Teknologi games tencent
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Mei 2019 16:17
Jakarta: Penggemar game genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) bakal dibuat senang sekaligus pusing. Karena game genre tersebut akan bertambah semakin banyak dan menawarkan gameplay yang bisa dibilang tidak jauh berbeda satu sama lainnya.
 
Kini beredar kabar bahwa game MOBA di platform PC yaitu League of Legends juga bakal ikut merilis game mereka ke versi mobile yaitu iOS dan Android. Padahal di Indonesia, game buatan Riot Games tersebut juga sudah lama dipertandingkan dalam komepetisi esports, termasuk di Indonesia.
 
Dikutip dari CNET, Riot Games sudah siap menggarap League of Legends (LoL) dengan menggandeng Tencent Games. Menariknya beberapa tahun lalu ternyata Tencent sudah pernah menawarkan pembuatan League of Legends tapi ditolak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akhirnya di 2015 Tencent merilis game MOBA buatan mereka sendiri yaitu Honour of Kings di Tiongkok atau dikenal di sini sebagai Arena of Valor (AoV). Game Honour of Kings sendiri menjadi game terlaris di Tiongkok.
 
Hal ini disebut sempat membuat ketegangan antara Tencent Games dan Riot Games saat mereka memutuskan merilis Arena of Valor untuk pasar di luar Tiongkok. Sementara League of Legends mobile disebut akan dirilis tahun ini juga.
 
Pengamat industri game dari Newzoo, Gu Tianyi menyebutkan bahwa League of Legends sat ini sedang tidak begitu menguntungkan dan Riot Games ingin memonetisasinya lewat versi mobile. Ditambah game ini merupakan game satu-satunya milik Riot Games.
 
Usia League of Legends jauh lebih tua dari Honour of Kings, dengan selisih 10 tahun. League of Legends sempat mengantongi pendapatan tahun lalu sebesar USD1,4 miliar, tapi turun 21 persen di awal tahun ini menurut data dari Statista.
 
Startegi Riot Games kali ini diyakini untuk menarik basis pemain lebih banyak. Pemain dari Asia lebih menggemari versi mobile sementara pemain dari benua Eropa dan Amerika lebih menyukai PC. Di Tiongkok, pendapatan game mobile berkontribusi sekitar 57 persen pada 2018 dan di Amerika Serikat hanya 36 persen menurut Newzoo.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif