Solusi gamifikasi bukan hal baru bagi Agate, namun di tahun ini mereka baru saja digandeng oleh PT Bank Jago Tbk untuk menghadirkan konten edukasi literasi keuangan yang dikemas dalam bentuk game.
“Gamifikasi bukan hanya alat untuk meningkatkan brand engagement, tetapi merupakan strategi bisnis yang efektif dalam meningkatkan output dari learning hingga assessment process,” tuturp Head of Level Up powered by Agate, Junialdi Dwijaputra.
“Dengan mengintegrasikan elemen permainan dalam lingkungan kerja yang saat ini didominasi oleh generasi muda, perusahaan dapat meningkatkan performa bisnis mulai dari produktivitas, memperkuat retensi karyawan, dan mendorong inovasi,” ujarnya.
Mengutip hasil riset firma Newzoo, 44% dari Generasi (Gen) Z dan 48% dari Gen Alpha berinteraksi dengan konten dalam game selain hanya memainkannya. Untuk jenis kontennya, video interaktif menjadi pilihan utama Gen Milenial, Gen Z, dan Gen Alpha.
Adopsi fitur atau elemen yang ada di game seperti poin, lencana (badges), level, grafik kinerja (performance charts), ke dalam inisiatif bisnis sehingga dapat membantu proses pembelajaran dengan efektif hingga mencapai tujuan akhir yaitu peningkatan brand engagement.
Bank Jago mempercayakan f Level Up powered by Agate menghadirkan konten game web-based bernama Jago Money Quest yang bisa dimainkan lewat browser di smartphone.
Jago Money Quest menawarkan gameplay simulasi manajemen keuangan dalam tampilan sederhana dengan pendekatan role-playing game. Di sini disajikan kisah yang realistis yaitu mahasiswa yang menjalani kesehariannya dalam mengelola keuangan dengan berbagai opsi pilihan keputusan yang dirasakan juga di dunia nyata.
Setiap level dalam permainan Jago Money Quest dibagi berdasarkan topik besar dari literasi dan manajemen keuangan atau finansial. Pemain akan ditantang untuk mengelola keuangan mereka dengan tepat untuk durasi tiap bulan di dalam game, jadi sangat mirip dengan game genre simulasi yang biasa dijumpai.
“Kami memercayakan Level Up powered by Agate dalam pengembangan game-based learning, Jago Money Quest, untuk meningkatkan kesadaran Gen Milenial dan Gen Z tentang pentingnya kesehatan finansial yang berkelanjutan,” ungkap Andy Djiwandono, Head of Sustainability & Digital Lending Bank Jago
“Dalam proses pembuatannya, kami merasakan potensi gamifikasi dengan cara yang tepat, efisien, dan efektif melalui implementasi Level Up Gamification Framework,” imbuhnya.
Level Up Gamification Framework merupakan sebuah kerangka kerja inovatif yang menggabungkan teori akademis dan penerapan praktis dan dirancang untuk membantu perusahaan dalam memanfaatkan potensi gamifikasi secara optimal dan disesuaikan dengan beragam kebutuhan bisnis
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News