Namun, jika mendengar nama developer From Software, gamer akan teringat dengan game bernuansa abad pertengahan yang penuh kegelapan. Dark Souls merupakan franchise unggulan yang dikenal dengan tingkat kesulitan luar biasa. Dalam seri ketiganya ini, Dark Souls tetap berhasil membuat saya gigit jari, tetapi tidak ingin berhenti memainkannya. Berikut ulasan Dark Souls III di Metrotvnews.com

Dark Souls III kali ini mengangkat latar tempat Kingdom of Lothric. Kerajaan ini memiliki beberapa raja yang memiliki jiwa api, dan api ini sebenarnya yang menjadi kunci kedamaian Lothric. Tugas pemain sebagai The Ashen One adalah mengembalikan semua jiwa ini, atau dengan kata lain mengalahkan semua raja untuk melepas api dan kembali ke asalnya.
Berbeda dengan dua seri sebelumnya, pemain tidak menjadi arwah penasaran yang tidak memiliki jiwa manusia (humanity). Oleh karena itu, begitu di awal permainan Anda bisa langsung fokus menyelesaikan misi utama. Sejujurnya, cerita Dark Souls kali ini lebih mendalam dan lebih membuat saya penasaran.

Salah satu ciri khas Dark Souls adalah sistem tutorial yang langsung membebaskan pemain beraksi. Petunjuk kontrol diberikan berupa tulisan melalui objek di dalam game, tanpa memaksa pemain praktek. Saya pun sadar bahwa nuansa Dark Souls kental dengan kegelapan, oleh karena itu ketika mulai menjelajah, suasananya dirancang agar gamer merasa sendirian dalam dunia fantasi ini. Dengan begitu, pemain harus selalu waspada, dan paham bahwa sebagian besar karakter atau monster yang ditemui adalah musuh.
Berbicara kelas karakter, Dark Souls III menawarkan pilihan kelas yang cukup banyak. Perbedaan terletak pada gaya berpakaian, senjata yang digunakan, dan statistik karakter di awal permainan. Pada akhirnya, pemain tetap diberikan kebebasan mengatur statistik karakter saat naik level.
Anda bisa saja menciptakan karakter kelas Knight, tetapi memiliki kemampuan sihir. Kelemahannya, karakter Anda tidak bisa mencapai daya tahan maksimal. Alasannya, setiap naik satu level, pemain hanya diberikan kesempatan untuk meningkatkan satu status, sehingga menaikkan 5 status sekaligus berarti naik 5 level.

Dark Souls III tidak berbeda dengan dua seri sebelumnya. Seiring perkembangan permainan, Anda akan menemui cukup banyak boss. Tidak semua boss kuat, tetapi sebagian dari mereka lebih pintar dari Anda. Seperti biasa, Dark Souls III tetap menawarkan tingkat kesulitan yang menyebalkan. Sampai ulasan ini terbit, saya sudah mengulang permainan sekitar 80 kali. Memang banyak sekali monster bedaya serang lemah, tetapi justru ini akan memancing Anda untuk meremehkannya.
Tewasnya pemain Anda juga bisa disebabkan kecerobohan sendiri, seperti terjauh dari tebing. Prinsip teknik bertarung pukul, tangkis, dan menghindar, masih menjadi pedoman tepat untuk mengalahkan hampir semua monster yang ada, termasuk melawan boss. Karakter yang mempunyai kemampuan sihir teknik menyerang yang lebih variatif.
Hal berikutnya yang harus Anda ingat ketika bermain Dark Souls adalah level karakter bukanlah segalanya. Walaupun karakter Anda sudah level 70, belum tentu bisa mengalahkan monster yang levelnya jauh lebih rendah, karena kecerobohan diri sendiri selalu menghantui pemain. Anda juga bisa saja mengalahkan boss terakhir tanpa level yang tinggi, atau bahkan perlengkapan yang kuat. Dibalik tingkat kesulitannya yang membuat banyak gamer sebal, fleksibilitas cara dalam mengalahkan boss justru menjadi daya tarik sendiri.

Ketika berbicara mengenai grafis, Dark Souls III menghadirkan visual yang nyaris sama dengan dua seri sebelumnya. Terdapat beberapa perbaikan dari segi kualitas render objek dan desain lingkungan yang lebih “gelap”. Sayangnya, untuk versi PS4 yang saya mainkan, terdapat beberapa adegan yang membuat framerate turun drastis. Sebagian besar masalah ini terjadi ketika karakter mati, atau berhasil mengalahkan boss. Hal yang sama juga terjadi ketika karakter ingin beristirahat di bonfire.
Kesimpulan
Dark Souls III bukan hanya wajib dimainkan mereka yang sudah menyelesaikan dua seri sebelumnya, tetapi juga untuk gamer yang belum pernah mencoba franchise ini. Cerita yang tidak terikat menjadi pintu yang tepat untuk gamer pemula yang ingin merasakan sebuah game dengan tingkat kesulitan yang menyebalkan.
Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One
Developer: From Software
Publisher: Bandai Namco Entertainment
Tanggal Rilis: 12 April 2016
Jenis: Action-RPG
Situs Resmi: https://www.darksouls3.com/us/
Dark Souls III
9,7
- Tingkat kesulitan sangat menantang
- Jalan cerita tidak terikat dengan level karakter
- Cerita lebih mendalam
- Framerate turun drastis pada adegan tertentu
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News