Pertama Kali Sony Tuntut Penjual PS4 Versi Bajakan

Cahyandaru Kuncorojati 09 Oktober 2018 15:24 WIB
sonyplaystation4
Pertama Kali Sony Tuntut Penjual PS4 Versi Bajakan
Sony PlayStation 4.
Jakarta: Di Indonesia, Anda bisa dengan cukup mudah menemukan penjual PlayStation 4 bajakan. PS4 bajakan memiliki sistem yang sudah dimodifikasi sehingga bisa disuntikkan game yang didapatkan secara ilegal.

Namun, sejauh ini, Sony tidak mengambil tindakan apapun untuk menindak para penjual PS4 bajakan. Dikutip dari Engadget, kini Sony baru saja mengajukan tuntutan terhadap salah satu penjual PS4 bajakan bernama Eric Scales.

Hal ini menjadi tuntutan pertama Sony pada penjual PS4 bajakan. Diketahui, Sony menemukan Scales dari situs jual beli online eBay. Di situs tersebut, Eric menjual PS4 bajakan yang berisi game Call of Duty: WWII dan God of War.


Pihak Sony dilaporkan menjebak Scales dengan membeli dua unit PS4 bajakan yang dijual dan menjadikannya sebagai barang bukti. Sony mengajukan tuntutan atas pelanggaran hak cipta milik Sony dan berdasarkan Digital Millenium Copyright Act (DCMA) yang berlaku di Amerika Serikat.

Menurut laporan, Scales sendiri tampak sangat mendukung tindakan pembajakan dan penjualan game secara ilegal. Ini diketahui dari iklan yang dipasang Scales pada situsnya, yang mencantumkan panduan untuk membobol sistem PS4 sehingga bisa dibajak dan pengguna bisa memainkan game tanpa harus membelinya.

Dalam bukti lain yang disertakan Sony, terlihat bahwa Scales sudah mencantumkan iklan penjualan PS4 bajakan sejak bulan April dan menawarkan 64 game yang bisa disuntikkan ke dalamnya. Sejauh ini, tidak diketahui berapa besar denda yang diajukan oleh Sony.



(ELL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.