Game FIFA22 dari Electronic Arts.
Game FIFA22 dari Electronic Arts.

Bukan Cuma PES, EA Mau Ganti Nama Game Bola FIFA

Teknologi games electronic arts
Cahyandaru Kuncorojati • 14 Oktober 2021 08:24
Jakarta: Beberapa waktu lalu Konami mengumumkan pergantian nama Pro Evoltuion Soccer (PES) menjadi e-Football dengan alasan pengembangan game tersebut di masa depan. Kini Electronic Arts (EA) juga berencana mengganti nama game sepak bola andalannya yaitu FIFA.
 
Penggantian nama ini sudah diakui pihak EA namun kabarnya bukan karena visi yang serupa dengan PES melainkan permasalahan kerja sama dan lisensi dengan FIFA, organisasi sepak bola internasional. Kabarnya hubungan antara EA dan FIFA memburuk.
 
Dikutip dari WCCF Tech, FIFA dikabarkan menaikan permintaan nilai atau harga lisensi penggunaan nama mereka di game andalan EA tersebut. Hal ini tampaknya memberatkan EA sehingga mereka memilih untuk melepasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami dalam pertimbangan untuk mengubah nama franchise game sepak bola global EA Sports. Hal ini menandakan kami sedang mempertimbangkan kesepakatan dengan FIFA yang nantinya bakal melepaskan diri dari semua kerja sama resmi dan lisensi yang ada,” tulis EA dalam rilis yang diterima WCCF Tech.
 
Informasi yang dibagikan media New York Times menyebut FIFA melipatkan gandakan nilai kerja sama dengan EA soal izin penggunaan nama atau lisensi tersebut dari nilai sebelumnya yang mencapai USD150 juta atau Rp2,1 triliun per tahun.
 
EA Sports sendiri sudah sangat mendominasi game sepak bola berbekal lisensi nama FIFA selama puluhan tahun. Makanya keputusan untuk melepas nama FIFA seharusnya tidak menjadi masalah serius karena EA sudah memiliki pasar sendiri. 
 
Bagi FIFA sendiri kemungkinan besar mereka akan melunak karena EA menjadi salah satu kontribusi pemasukan dana yang sangat besar. Saat ini kesepakatan terbaru antara kedua pihak belum dipastikan, apabila harus berpisah kemungkinan game sepak bola terbaru EA bakal bernama EA Sports FC.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif