Warcraft III: Reforged.
Warcraft III: Reforged.

Game Warcraft III: Reforged Diprotes Penggemar Beratnya, Kenapa?

Teknologi games activision blizzard
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Februari 2020 10:09
Jakarta: Warcraft III: Reforged pada akhir Januari akhirnya dirilis. Game yang menjadi remastered dari Warcraft III yang merupakan game genre RTS terkenal pada masanya dan menjadi cikal bakal game MOBA ini memang sangat dinantikan.
 
Namun, beberapa hari belakangan ternyata game ini menuai protes. Gamer yang penggemar berat game tersebut sejak tahun 2002 mencaci maki Blizzard Entertainments sebagai pengembang dan publisher. Mereka dinilai tidak menepati janjinya dan rakus.
 
Pertama, Blizzard Entertainment dianggap rakus karena dalam persetujuan awal saat mengunduh game atau dikenal sebagai EULA ada perjanjian yang merugikan pemain. Semua konten modifikasi dari fitur editor yang disediakan di dalam game akan menjadi milik Blizzard.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal fitur editor map dan game di dalamnya ditujukan untuk mendorong kreativitas penggemarnya. Di seri Warcraft III orisinal tahun 2002, konten modifikasi tidak dikenakan sistem royalti atau menjadi hak milik Blizzard.
 
Berdasarkan fitur itu juga akhirnta seri orisinal Warcraft III menemukan gameplay menarik mereka yaitu yang menjadi cikal bakal MOBA. Gamer menciptakan arena bermain dengan model top-lane, mid-lane, dan bottom-lane.
 
Kedua adalah janji peningkatan kualitas grafis yang tidak ditepati oleh Blizzard Entertainments. Saat rencana rilis diumumkan BlizzCon 2018, mereka menjanjikan bahwa di versi remastered akan dilakukan remodel dari animasi dan karakter serta kualitas grafis arena permainan.
 
Faktanya, banyak penggemar yang sudah memainkannya menilai Warcraft III: Reforged adalah versi downgrade dari versi orisinal serta berbeda dari trailer yang dipamerkan sebelum rilis, dikutip dari PC Gamer.
 
Ada gamer yang melaporkan bahwa game ini bisa menyajikan grafis di frame rate 200fps. Ketika dilihat lebih detil ke unit army di dalam game, terlihat bahwa kualitasnya animasinya seperti stop-motion alias buruk.
 
Kualitas grafis arena bermain atau map di dalam game di Warcraft III: Reforged masih mirip dengan versi orisinal tahun 2002. Berbeda dengan versi demo yang dipamerkan pada 2018. Padahal di BlizzCon saat itu dipamerkan video perbandingan kualitas grafis keduanya.
 
Kemudian banyak fitur yang diklaim menghilang di vrsi remastered. Misalnya, fitur custom campaign yang termasuk populer di versi orisinal. Padahal Blizzard saat itu menjanjikan fitur ini sudah dalam tahap pengerjaan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif