Ilustrasi gameplay Minecraft Earth.
Ilustrasi gameplay Minecraft Earth.

Game AR Minecraft Mulai Buka Pra-Registrasi di Android

Teknologi microsoft games
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Agustus 2019 10:21
Jakarta: Satu lagi game berbasis Augmented Reality atau AR seperti Pokemon Go dan Harry Potter Wizards Unite bakal meramaikan smartphone Android. Game Minecraft Earth yang pertama diperkenalkan di acara Apple bakal segera hadir di Android.
 
Hal ini diketahui dari kolom game pra-registrasi yang ada di Google Play Store. Kolom ini disediakan untuk menampilkan game yang akan dirilis untuk Android. Pengguna yang melakukan pra registrasi akan mendapatkan notifikasi lebih awal saat game ini telah dirilis.
 
Penggarap Minecraft Earth, Mojang, tidak menyebutkan tanggal pasti game ini tersedia di Android tapi mereka sudah lebih dulu merilis versi beta di perangkat iOS. Game ini pertama kali diperkenalkan pada acara Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) bulan Juni lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengusung gameplay yang sama seperti di game aslinya, Minecraft Earth membawa gameplay tersebut ke dunia nyata dengan teknologi AR. Pemain bisa membangun dunia Minecraft di dunia nyata melalui kamera smartphone.
 
Dipastikan hanya smartphone yang mendukung AR untuk bisa memainkan game ini. Di perangkat iOS dibutukan komponen software bernama Apple ARkit, sementara di Android membutuhkan Google ARCore. Mojang menyebut game ini bisa dimainkan di perangkat berbasis iOS 10 dan Android 7.0 ke atas.
 
Game Minecraft sendiri diciptakan oleh Markus Persson dan jens Bergensten pada tahun 18 November 2011 dan masih menjadi game yang memiiliki banyak pemain saat ini. Kepopulerannya membuat game ini dibeli Microsoft dengan nilai USD2,5 miliar atau sekitar Rp35,5 triliun.
 
Data terakhir di 2018 dikutip dari Business Insider menyebutkan bahwa Minecraft menjadi game yang paling banyak dimainkan. Angka pemainnya mencapai 91 juta gamer per bulannya. Tingkat kreativitas yang disajikan di Minecraft juga membuat game ini jadi metode pembelajaran coding pada anak-anak.
 
Mengingat game berbasis teknologi AR menjadi sangat populer sejak Pokemon Go. Setiap ada game yang berbasis AR selalu muncul pertanyaan, apakah game ini akan bisa menyalip kepopuleran Pokemon Go yang sangat fenomenal?
 
Game Minecraft di PC juga beberapa bulan ini kembali ramai diperbincangkan dan dimainkan. Hal ini dipicu oleh YouTuber Felix "PewDiePie" Kjellberg yang selama sekitar dua bulan belakangan menggunggah video dirinya bermain game ini. Konten tersebut dinilai banyak pihak memicu gamer lain untuk ikut kembalin memainkan Minecraft.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif