Epic Games Store.
Epic Games Store.

Epic Games Store Blokir Akun yang Beli Game Terlalu Banyak?

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 21 Mei 2019 20:38
Jakarta: Epic Games Store kembali mengundang kontroversi, tapi tidak berkaitan persaingannya dengan Steam. Protes datang dari seorang Twitch streamer bernama Patrick Boivin yang akun miliknya diblokir oleh Epic Games Store karena alasan yang aneh.
 
Dalam cuitan Twitter milik Boivin, dia menyebutkan bahwa akunnya menerima notifikasi diblokir akibat membeli terlalu banyak game. Dia mengakui bahwa dirinya baru saja membeli lima game dalam durasi waktu yang berdekatan.
 
Hal ini menjadi ramai dibahas karena hal tersebut tidak pernah terjadi di layanan Steam maupun Uplay, dan yang lainnya. Dikutip dari Game Revolution, diketahui bahwa Epic Games Store memberlakukan kebijakan tersebut dengan alasan keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Public Relations Epic Games, Nick Chester menuturkan bahwa kebijakan tersebut untuk menghindari terjadinya penipuan. Penipuan yang dimaksud adalah pembelian game oleh seseorang yang bukan pemilik akun tapi memiliki aksesnya.
 
"Ini adalah dampak dari pencegahan fraud yang cukup agresif. Apabila pemain menemukan notifikasi ini maka mereka bisa menghubungi pihak Epic Games Store untuk melakukan investigasi," tutur Chester.
 
Namun, banyak pihak yang mulai menduga hal ini terjadi minimnya fitur belanja di dalam layanan Epic Games Store. Tepatnya tidak ada fitur shopping cart seperti yang ada di Steam maupun layanan distribusi game lainnya. Shopping cart memungkinkan pengguna membeli beberapa game sekaligus.
 
Absennya fitur ini di Epic Games Store membuat penggunanya harus membeli game satu per satu. Ditambah saat ini mereka sedang menggelar event Epic Mega Sale yang memberikan diskon untuk banyak game, tidak heran apabila penggunanya membeli game dalam jumlah banyak.
 
Epic Games Store memang terus berbenah. Kontroversi lain yang juga terjadi kemarin adalah adanya beberapa game yang mendadak hilang dari halaman Epic Mega Sale sehari setelah berlangsung.
 
Kabarnya developer game telah menarik game mereka dari event tersebut karena tidak ingin berpartisipasi atau menjual game mereka dengan diskon. Pihak Epic Games Store menyatakan menghormati keputusan developer game, tapi langkah ini jelas terasa aneh bagi penggunanya atau gamer.
 
Kemudian dilaporkan juga ada beberapa game yang mendadak harganya naik setelah sempat mendapatkan diskon di hari pertama Epic Mega Sale. Kemudian harganya di hari selanjutnya kembali turun.
 
Tampaknya Epic Games Store belum memberikan kebijakan yang mengikat atau mengatur developer game di layanan mereka agar tidak melakukan hal-hal yang membuat gamer kesal.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif