PlayStation Classic.
PlayStation Classic.

PlayStation Classic ke Indonesia, Bawa Nostalgia Rasa Original

Teknologi games sony
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Desember 2018 11:12
Jakarta: Sony akhirnya memboyong replika konsol generasi pertama ukuran mini PlayStation Classic. PlayStation Classic akan tersedia di Indonesia tetap dalam jumlah terbatas.

Dalam acara yang digelar kemarin, PlayStation Classic hadir diperlihatkan memiliki ukuran volumer 80 persen lebih kecil dari versi aslinya PlayStation yang dirilis pada tahun 1994.

Dimensinya sendiri hanya 5,8 x 1,3 inci dan ketebalannya 4,1 inci, sehingga bobotnya menjadi sangat ringan, 170 gram. Sementara ukuran controller sendiri masih sama dengan desain asli terdahulu, tanpa analog.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Medcom.id berkesempatan mencobanya, dan memang benar ukurannya sangat mungil. PlayStation Classic memanfaatkan kabel HDMI untuk terhubung ke layar televisi atau monitor, dan satu kabel USB untuk terhubung ke listrik dengan mengandalkan adapter 5V/1.0A.

Di dalamnya akan tersedia halaman awal yang 20 game lawas yang sudah langsung terisi. Game tersebut sebagian besar populer di masa PlayStation generasi pertama dari beragam genre, misalnyaFinal Fantasy VII, R4 Ridge Racer Type 4, Jumping Flash!, Tekken 3, Wild Arms, dan lain-lain.



Medcom.id menemukan bahwa seluruh konten game tersebut disajikan masih dengan resolusi khas game di masa tersebut. Resolusi PlayStation Classic sendiri diberikan opsi pilihan, 720p atau 480p.

Pihak Sony menyebutkan bahwa PlayStation Classic dibanderol dengan harga ritel Rp1.799.000 dan diproduksi dalam jumlah terbatas. Tidak disebutkan berapa banyak stok yang tersedia untuk di Indonesia.


(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi