Controller DualShock 4 di PlayStation 4.
Controller DualShock 4 di PlayStation 4.

Canggih, Controller PS5 Bakal Dukung Perintah Suara

Teknologi teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Januari 2020 10:09
Jakarta: Meskipun mengusung desain DualShock yang masih mirip dengan di generasi PlayStation 4 (PS4), Sony jelas memasukan fitur baru ke controller di PlayStation 5 (PS5) yang belum diketahui tanggal rilisnya.
 
Rumor mengenai fitur terbaru di controller Dual Shock PS5 kembali terdengar. Sama seperti rumor sebelumnya, fitur atau kemampuan perangkat ini diketahui dari sebuah daftar paten Sony yang bocor ke internet. Fitur kali ini terdengar sangat canggih.
 
Dikutip dari Tech Radar, DualShock PS5 diduga bakal memiliki dukungan asisten digital melalui perintah suara. Hal ini diketahui dari sebuah paten yang menjelaskan bahwa controller tersebut bakal punya mikrofon dan speaker.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sebuah kalimat di dalam daftar paten tersebut dituliskan bahwa perangkat tactile atau yang dimaksud sebagai DualShock akan merespon suara yang diucapkan penggunanya di mikrofon dan direspon oleh speaker. Kemudian perangkat tersebut akan bekerja merespons suara tadi.
 
Hal ini sangat jelas bisa dibayangkan bahwa DualShock bakal memiliki dukungan perintah suara dengan asisten digital di dalamnya. Teknologi ini tidak baru karena sudah dikembangkan oleh Apple Siri dan Google Assistant di smartphone serta Amazon Alexa di speaker pintar.
 
Di industri game, Sony PlayStation 5 bukan yang pertama. Controller Google Stadia juga punya fitur ini memanfaatkan layanan Google Assistant yang hadir dengan tombol khusus.
 
Dugaan mengenai kemampuan tersebut di controller PS5 semakin kuat. Pengamat industri game dari firma Niko Partners, Daniel Ahmad lewat akun Twitter beberapa bulan lalu membocorkan paten Sony yang mendaftarkan fitur bernama PlayStation Assistant.
 
Pihak Sony masih bungkam terkait hal ini. Mereka baru sekali mengakui fitur di controller teraru mereka beberapa bulan lalu. Fitur satu-satunya yang dipastikan oleh Sony adalah haptic feedback atau efek getar yang lebih sensitif untuk tiap momen berbeda di dalam game.
 
Haptic feedback ini dihadirkan demi pengalaman game yang lebih nyata, menurut klaim Sony. Sebelumnya juga beredar paten yang menampilkan tombol tambahan di bagian bawah controller yang membuatnya memiliki fitur programmable button seperti milik Xbox.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif