Meme yang beredar di kalangan gamer PUBG Mobile India terkait aksi pemblokiran aplikasi buatan Tiongkok di negaranya. (Twitter)
Meme yang beredar di kalangan gamer PUBG Mobile India terkait aksi pemblokiran aplikasi buatan Tiongkok di negaranya. (Twitter)

Gamer di India Bersyukur, PUBG Mobile Tidak Diblokir

Teknologi games pubg tencent
Cahyandaru Kuncorojati • 01 Juli 2020 10:19
Jakarta: Ketegangan antara India dan Tiongkok terus bergulir hingga aksi pemblokiran aplikasi asal Tiongkok oleh pemerintah negara tersebut. Namun gamer di India sempat dibuat khawatir akibat aksi boikot tersebut.
 
Gamer di India khawatir game di smartphone terutama PUBG Mobile yang sangat populer di sana ikut diblokir. India yang dikenal sebagai negara dengan industri esports mobile berkembang seperti Indonesia. Negara ini berkontribusi dalam mengirim tim esports terbaik di turnamen global.
 
Dikutip dari laporan South China Morning Post, game PUBG Mobile di India cukup beruntung. Aplikasi lain yang termasuk buatan Tencent seperti WeChat juga ikut diblokir namun tidak diketahui alasan game tersebut tidak ikut dilarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: India Blokir TikTok, WeChat, dan Aplikasi Tiongkok Lain
 
Melihat kondisi tersebut, jagat internet dan media sosial di India dibanjiri oleh ucapan syukur dan meme dari para gamer di negara tersebut. Semuanya menyajikan guyonan yang sama yaitu kecemasan gamer di India terhadap pemblokiran aplikasi buatan Tiongkok.
 
PUBG Mobile sendiri merupakan game garapan TiMi J1 Studio yang bernaung di bawah Tencent Games. Menurut data Sensor Tower, PUBG Mobile menjadi game nomor satu di iOS App Store dan kedua terpopuler di Google Play kawasan India.
 
Sejauh ini dugaan yang beredar adalah karena pemerintah India melihat game PUBG Mobile masih berasal dari PUBG versi PC yang diciptakan perusahaan Korea Selatan bernama Bluehole. Padahal Tencent sendiri adalah pemilik lisensi yang membuat game ini ke versi mobile.
 
Di India game PUBG Mobile sendiri sudah menuai kontroversi. Beberapa provinsi di negara tersebut sempat memblokir game ini karena terbukti menjadi penyebab kepribadian seseorang menjadi buruk dan mengakibatkan kecelakaan.
 
Bahkan pemerintah setempat yang memblokir game PUBG Mobile pernah menurunkan tim kepolisian khusus untuk menangkap masyarakat yang ketahuan bermain game PUBG Mobile.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif