Bukan menyediakan dukungan untuk streaming game berbasis cloud melainkan Ubisoft Scalar disebut menjadi teknologi cloud yang membantu developer game saat menghadapi keterbatasan hardware.
Ubisoft melihat munculnya masalah ini didorong oleh perkembangan game yang semakin kompleks dengan proses pembuatan hingga pengujian yang bisa dilakukan di dalam cloud maka hal ini akan sangat mempermudah proses pembuatan.
Mereka mengklaim di dalam Ubisoft Scalar developer bisa menambahkan atau mengubah bagian tertentu dari sebuah game tanpa mengganggu bagian atau area lain yang tidak disentuh.
Hasilnya, game yang dibuat bisa mendapatkan pengembangan yang luas dan semakin kaya pada bagian tertentu yang dirasa memiliki potensi besar. Meskipun begitu Ubisoft Scalar tetap bukan menjadi game engine melainkan tools untuk akselerasi proses pembuatan atau modifikasi di dalamnya.
Ubisoft sendiri belum menyebutkan proyek game terbaru yang akan diciptakan dengan sepenuhnya mengandalkan Ubisoft Scalar. Teknologi ini diklaim sudah dikerjakan oleh Ubisoft Stockholm sejak tahun 2017.
Melihat proses pembuatannya yang cukup lama maka seharusnya dalam waktu dekat akan ada game buatan Ubisoft yang mengandalkan teknologi Ubisoft Scalar. Ubisoft menyebutkan teknologi ini akan membuat elemen di dalam game semakin kaya dari sisi pemainnya dan bisa terus mendapatkan update dari developer.
Pandangan ini cukup sejalan dengan visi misi Ubisoft beberapa waktu lalu bahwa mereka ingin mengembangkan sebuah game yang memiliki usia panjang lewat konsep game-as-a-service. Model ini dinilai juga menguntungkan bagi developer dan publisher.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News