CEO Microsoft, Satya Nadella. (USA Today)
CEO Microsoft, Satya Nadella. (USA Today)

Ambisi Satya Nadella Garap 'Netflix' Khusus Game

Teknologi microsoft games
Cahyandaru Kuncorojati • 21 Januari 2019 15:51
Jakarta: Perkembangan teknologi cloud dan kecepatan internet yang semakin tinggi mendorong setiap perusahaan teknologi di segmen game mengembangkan layanan streaming game. Terutama karena pasar industri game dipercaya akan semakin besar.
 
CEO Microsoft, Satya Nadella, adalah salah satu sosok yang mendukung pengembangan layanan streaming game lewat layanan Xbox Project xCloud yang diperkenalkan pada Oktober tahun lalu. Dukungan Satya Nadella ini diungkapkan dalam pertemuan tertutup kepada media, dikutip dari Business Insider.
 
"Singkatnya adalah Netflix untuk game," ungkap Nadella. Saat itu, Nadella disebut tengah membahas tentang potensi bisnis cloud dan pengembangannya. Nadella menilai segmen gaming memiliki potensisangat besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Nadella, Project xCloud adalah ambisi Microsoft untuk pengembangan layanan cloud yang juga menyentuh segmen gaming. Caranya dengan menyediakan streaming game populer seperti game AAA ke semua perangkat tanpa terkecuali.
 
Namun, Nadella mengaku tantangan terbesar dari proyek ini adalah menyediakan kualitas streaming dengan latensi koneksi internet yang rendah sehingga streaming game berjalan lancar.
 
Nadella sendiri mengklaim bahwa sejauh ini, Microsoft adalah perusahaan yang paling siap dan berkemampuan untuk menyediakan layanan streaming game berlangganan. Klaim ini didasarkan pada kekuatan bisnis Microsoft di bidang enterprise dan game.
 
"Kita punya posisi penting di keduanya, bisnis konsol (Xbox) dan bisnis PC yang justru lebih besar ketimbang bisnis konsol apabila di segmen gaming," ungkap Nadella. Sementara bisnis infrastruktur cloud Microsoft disebut sebagai backbone paling penting dan siap.
 
Selain itu dari sisi katalog game, Microsoft sudah punya beberapa game populer. Hal ini yang tidak dimiliki oleh Google, Apple, dan Amazon yang juga memiliki proyek streaming game.
 
Nadella menyatakan akan mendukung penuh Microsoft VP Gaming, Phil Spencer untuk mewujudkan proyek Xbox Project xCloud. Sebelumnya, Spencer menuturkan bahwa di dunia, ada dua miliar orang yang bermain game tapi tidak semua memiliki televisi atau PC.
 
Spencer menilai smartphone adalah perangkat yang paling banyak dimiliki sehingga target dari Xbox Project xCloud adalah menghadirkan layanan streaming game hingga ke smartphone, bukan hanya konsol dan PC.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi