Tampilan utama gameplay Harry Potter: Wizards Unite. (Polygon)
Tampilan utama gameplay Harry Potter: Wizards Unite. (Polygon)

Harry Potter: Wizards Unite Masuk 130 Negara, Siap Salip Pokemon Go

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Juni 2019 07:30
Jakarta: Game terbaru dari Niantic yang masih mengusung teknologi AR (Augmented Reality) yaitu Harry Potter: Wizards Unite akhirnya telah dirilis kemarin. Game ini akan mulai membuktikan apakah bisa menyalip keberhasilan Pokeom Go.
 
Harry Potter: Wizards Unite disebutkan sudah tersedia di 130 negara termasuk kawasan Asia Tenggara. Langkah ini cukup berbeda jauh dibandingkan Pokemon Go saat dirilis pada 2016. Game tersebut dirilis bergantian di beberapa benua.
 
Dikutip dari 9to5Mac, 25 negara tambahan yang terbaru di antaranya adalah Indonesia. Artinya mobile gamer di Indonesia cukup beruntung bisa bermain bersama negara lain di Asia Tenggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diketahui tidak semua negara di Asia Tenggara mendapatkan game ini bersamaan. Niantic tampaknya berusaha menjaga agar server di beberapa region tidak melebihi kapasitas sehingga down di awal game ini dirilis.
 
Niantic sejak tahun lalu menjanjikan gameplay yang berbeda dari Pokemon Go. Namun mereka terlihat tetap memegang strategi yang sama yaitu memilih mengadopsi kisah atau narasi yang sudah populer dan memiliki basis pengguna dari pada menciptakan kisah yang benar-benar baru.
 
Apabila dulu mengusung Pokemon Go maka kini mengadopsi kepopuleran Harry Potter yang berasal dari novel buatan J.K. Rowling. Seperti diketahui bahwa game pertama yang berbasis teknologi AR dari Niantic adalah game Ingress dengan narasi buatan mereka sendiri.
 
Satu hal yang paling membedakan antara Pokeon Go dan Harry Potter: Wizards Unite adalah di sini Anda tidak lagi melempar Poke Ball dalam mode AR. Di sini pemain harus menyapukan jari di layar mengikut Trace atau jejak garis yang tampil dalam beragam bentuk.
 
Trace ini dianalogikan sebagai gerakan ayunan tongkat sihir. Semakin cepat dan akurat Anda menyapukan jari mengikuti Trace, maka sihir Anda semakin efektif dengan tingkat kesuksesan tinggi.
 
Harry Potter: Wizards Unite dirilis bukan tanpa masalah di awal kehadirannya. Beberapa pemain melaporkan bahwa masih banyak lokasi kosong alias tidak ditemukan makhluk atau objek game yang bisa berinteraksi.
 
Kondisi tersebut disebut sama seperti Pokemon Go saat pertama kali dirilis. Pemain di lokasi tertentu terutama pinggir perkotaan atau desa bahkan tidak menemukan objek interaktif di dalam game. Artinya, Niantic belum menyebarkan objek interaktif game secara merata.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif