Valthirian Arc, game buatan studio Agate.
Valthirian Arc, game buatan studio Agate.

Agate Akusisi Studi Game Lokal, Ekuator Games

Cahyandaru Kuncorojati • 29 Januari 2019 12:31
Jakarta: Agate dengan nama perusahaan PT Agate International mengumumkan akusisi terhadap studio game lokal, Ekuator Games.
 
Pihak Agate menjelaskan bahwa Ekuator Games merupakan salah satu studio game lokal yang berdiri tahun 2013. Mereka berhasil populer lewat game buatannya, Celestial Tales: Old North yang dirilis pada 2015 dan sudah meraih beberapa penghargaan.
 
Menariknya game sukses tersebut dibuat oleh Ekuator Games lewat proses pendanaan crowdfunding di situs Kickstarter. Ekuator Games menjadi developer game pertama asal Indonesia yang sukses melampui target pendanaan di situs Kickstarter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sangat excited dengan bergabungnya Ekuator Games dengan Agate. Saya yakin kami bisa menciptakan game dengan kualitas lebih baik lagi dan membawa nama Indonesia di industri game dunia," ungkap eks CEO Ekuator Games yang kini menjadi VP of Consumer Games Agate, Cipto Adiguno.
 
Oleh pihak Agate, akuisisi ini disebut sebagai kolaborasi oleh pelaku bisnis industri game Indoensia untuk meningkatkan kualitas game lokal. Menurut CEO Agate, Arief Widhiyasa, akuisisi ini untuk menyatukan talenta kedua studio developer game.
 
Penyatuan keduanya diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas produk consumer game Agate serta membawa industri game Indonesia ke pasar global.
 
Agate sudah membuktikannya dengan game Valthirian Arc yang dirilis untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, dan PC. Game ini berhasil meraih posisi kedua di Best New Game layanan Steam kawasan Inggris kurang dari 24 jam setelah dirilis.
 
Ditambah game tersebut berhasil mencapai break event point atau balik modal dalam waktu tiga bulan setelah dirilis. Hasil penjualan dengan nilai belasan miliar Rupiah berhasil menutup biaya pembuatan game yang memakan waktu 2,5 tahun.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif