Nintendo tak akan melupakan konsol. (AFP PHOTO / Kazuhiro NOGI)
Nintendo tak akan melupakan konsol. (AFP PHOTO / Kazuhiro NOGI)

Masuk ke Cloud Gaming, Nintendo tak Lupakan Konsol

Teknologi nintendo nintendo switch
Ellavie Ichlasa Amalia • 08 Juli 2019 14:53
Jakarta:Nintendo percaya, cloud dan streaming akan jadi masa depan industri gaming. Namun, itu bukan berarti konsol seperti Nintendo Switch akan menghilang sama sekali.
 
Cloud gaming memungkinkan pemain untuk menjalankan game di server yang mumpuni dan menyiarkannya ke perangkat.
 
Dengan begitu, pemain tak lagi perlu mengunduh game ke konsol untuk memainkan sebuah game. Itu artinya, game berat sekalipun bisa dimainkan di konsol, komputer, dan smartphone karena game tak lagi menggantungkan diri pada hardware perangkat, tapi jaringan internetnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknologi ini menjadi fokus dari pertemuan antara eksekutif Nintendo dengan para pemegang saham. Tampaknya, perusahaan Jepang itu percaya, cloud gaming memiliki potensi besar, menurut laporan Digital Trends.
 
"Kami melihat masa depan yang memungkinkan teknologi streaming dan cloud berkembang dan menjadi cara bagi konsumen untuk bermain game," kata President Nintendo, Shuntaro Furukawa.
 
Dia menambahkan, jika cloud gaming membuat jumlah gamer bertambah, itu artinya perusahaan pembuat game memiliki kesempatan lebih besar untuk membuat game.
 
Director Nintendo, Shigeru Miyamoto, pria di balik franchise ternama seperti Super Mario, Legend of Zelda, dan Donkey Kong berkata bahwa meskipun cloud gaming akan menjadi semakin populer, akan tetap ada game yang menyenangkan untuk dimainkan karena ia dijalankan pada perangkat dan bukannya pada cloud. Itu mengimplikasikan bahwa Nintendo tidak berencana untuk menghapuskan lini konsol mereka.
 
"Kami percaya, penting untuk melanjutkan lini yang berbeda-beda untuk menyediakan sistem hiburan yang unik dan hanya bisa disediakan oleh Nintendo," kata Miyamoto. Nintendo belum lama ini masuk ke cloud gaming dengan Nintendo Switch.
 
Tahun lalu, Resident Evil 7: Cloud Version dirilis untuk Switch di Jepang. Game itu memungkinkan gamer mengakses edisi streaming dari Resident Evil.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif