Microsoft Siapkan Kontrol Khusus Ponsel

Cahyandaru Kuncorojati 29 Oktober 2018 11:18 WIB
microsoft
Microsoft Siapkan Kontrol Khusus Ponsel
Desain kontroler Xbox untuk perangkat smartphone dan tablet.
Jakarta: Microsoft tampaknya semakin serius membawa bisnis konsol game Xbox ke arah game mobile.

Dikutip dari Windows Central, sebuah data dari Microsoft Research terungkap bahwa perusahaan tersebut berencana merilis kontroler Xbox untuk smartphone dan tablet.

"Game mobile menjadi semakin populer seiring pertumbuhan smartphone dan tablet namun beberapa game tampak kurang mampu menyajikan kontrol yang cocok untuk mobile devices tersebut. On-screen control juga tetap tidak bisa menyajikan pengalaman bermain yang memuaskan," tulis Microsoft dalam dokumen mereka.


Selain itu, Microsoft juga mengakui bahwa keberhasilan konsol seperti PlayStation Portable dan Nintendo DS maupun Switch didorong karena sebagai platform game mobile mampu menyajikan kontrol fisik seperti kontroler tradisional.

Menurut Microsoft hal ini yang mendorong munculnya beberapa perusahaan yang turut menghadirkan aksesori gaming untuk smartphone dan tablet. Oleh sebab itu Microsoft kini tengah menyiapkan purwarupa .



Dari gambar, diperlihatkan bahwa kontrol Xbox ini memiliki bentuk yang sangat lebar, dan bisa terbelah di bagian tengahnya untuk mengapit smartphone atau tablet yang digunakan.

Kabarnya desain proyek ini sudah dibuat sejak tahun 2014, dan kembali mengemuka dengan melihat keberhasilan NIntendo Switch yang menggaungkan konsol handheld di tengah tren smartphone.

Diduga kuat hal ini juga akan memperkuat strategi Xbox menyajikan layanan game streaming lewat proyek misterius bernama Project xCloud, yang sudah lebih dulu direalisasikan oleh Google lewat Project Streaming.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.