Esport Bakal Dipertandingkan Resmi di SEA Games

Cahyandaru Kuncorojati 28 November 2018 19:07 WIB
gamesesport
Esport Bakal Dipertandingkan Resmi di SEA Games
Ilustrasi kompetisi esport.
Jakarta: Hanya menjadi eksibisi di ajang Asian Games 2018 akhirnya esport bakal resmi menjadi salah satu cabang olahraga di SEA (South East Asian) Games, yang akan digelar di Filipina.

Dikutip dari ESPN, kabar ini sudah diumumkan oleh Sekretaris Menteri Luar Negeri dan Philippines South East Asian Games Organizing Commitee (PhilGOC) Chairman Emeritus Alan Peter Cateyano.

"Kami sangat senang bahwa esport kini menjadi bagian dari SEA Games. Kini gamer menjadi komunitas yang penting bagi kami," ungkap Cateyano. Dia juga menyebutkan vendor gaming Razer sebagai mitra dalam menghadirkan esport di SEA Games.


"Kesempatan ini akan menjadi momen bagi atlet esport Asia Tenggara ke kancah global ke depannya," imbuh Chief Startegy Officer Razer Limeng Lee. Tentunya organisasi Asian Electronic Sports Federation akan ikut andil dalam pelaksaan pertandingan esport di dalamnya.

Rencananya, akan ada enam medali emas yang untuk masing-masing platform esport yang dipertandingkan, dua medali untuk esport berbasis konsol, dua untuk PC, dan dua untuk game mobile. Setiap platform akan diikuti dengan babak kualifikasi yang dibedakan menjadi bebrapa game.

Sejauh ini  Mobile Legends: Bang Bang dipastikan menjadi salah satu game yang dipertandingkan, dan sisanya akan diumumkan pada tanggal 15 Desember nanti.

SEA Games yang akan digelar pada 30 November sampai 10 Desember 2019 nanti di Filipina bakal menjadi SEA Games ke-30 yang dilaksanakan. Kehadiran esport di ajang olahraga Asia Tenggara ini diprediksi cukup panas mengingat kawasan Asia Tenggara sendiri adalah pasar game dan esport yang besar di Asia.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.