NEWSTICKER
Booth eksibitor di Game Developer Conference 2017. (Wired)
Booth eksibitor di Game Developer Conference 2017. (Wired)

Game Developer Conference 2020 Terancam Virus Korona

Teknologi teknologi Virus Korona games
Cahyandaru Kuncorojati • 21 Februari 2020 10:01
Jakarta: Fenomena batalnya acara teknologi tahunan akibat banyak eksibitor yang mundur dengan alasan menghindari virus Korona atau Covid-19 masih dijumpai. Bukan cuma MWC 2020, kini Game Developer Conference (GDC) juga menemukan kendala yang sama.
 
GDC 2020 yang akan berlangsung pada 16-20 Maret 2020 di San Fransisco, Amerika Serikat, merupakan acara tahunan industri game di negara tersebut. Meskipun bukan tingkat internasional seperti MWC 2020, tapi ada eksibitor yang mundur dari acara karena cemas akan penyebaran virus Covid-19.
 
Dikutip dari Engadget, Facebook dan Sony menyatakan mundur dari acara tersebut. Mereka tidak akan ikut menjadi eksibitor, tapi akan memberikan pengumuman melalui video yang diputar selama GDC 2020. Facebook menyatakan alasan mereka mundur terkait virus Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disampaikan bahwa Facebook rencananya akan membuat pengumuman terkait pengembangan teknologi AR dan VR dari Oculus termasuk proyek tim Facebook Gaming. Diketahui bahwa Facebook sedang gencar membangun layanan streaming seperti Twitch.
 
"Terkait perhatian dengan kesehatan dan keamanan pegawai kami, mitra developer, dan komunitas GDC, tim Facebook AR/VR dan Gaming menyatakan mundur dari Gamde Developer Conference tahun ini terkait isu virus Covid-19," tulis Facebook.
 
Hal ini cukup disayangkan karena posisi kota San Fransisco yang berada di Amerika Serikat juga masih belum terpapar oleh virus Covid-19. Berbeda apabila acara tersebut dilaksanakan di kawasan Asia atau negara di benua lain yang memang laporan penyebaran virus tersebut sudah tinggi.
 
Alasan ini serupa dengan pihak Sony Interactive Entertainment atau Sony PlayStation. Mereka menyatakan mundur dari GDC 2020 dengan alasan yang sama. Sehari sebelumnya, mereka juga mundur dari acara industri game PAX East yang akan berlangsung di Boston pada awal bulan depan.
 
"Kami telah mengambil keputusan yang berat dengan menyatakan batal berpartisipasi di Game Developer Conference dengan alasan isu kesehatan dan keamanan terkait virus Covid-19," tulis Sony di situs resminya.
 
Melihat fenomena yang terjadi maka jelas virus Korona atau Covid-19 juga memiliki dampak buruk terhadap kelangsungan industri teknologi termasuk game di dunia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif