Mickey dan Lou, pemimpin kelompok bandit The Highwaymen jadi antagonis utama di Far Cry: New Dawn.
Mickey dan Lou, pemimpin kelompok bandit The Highwaymen jadi antagonis utama di Far Cry: New Dawn.

Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5

Teknologi review game indonesia ubisoft Far Cry
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Maret 2019 17:03
Jakarta: Di Maret 2018, Medcom.id mengulas game Far Cry 5. Mengusung gameplay khas franchise Far Cry, game tersebut masih mendapatkan penilaian cukup memuaskan. Di bulan lalu, Ubisoft merilis Far Cry: New Dawn yang menjadi sekuel dari Far Cry 5.
 
Medcom.id tentu memiliki ekspektasi atau berharap sekuel tersebut memberikan kelanjutan yang seru dari Far Cry 5. Namun, ternyata bayangan Medcom.id jauh dari yang ditemukan pada Far Cry: New Dawn. Apa saja yang menarik dan tidak sesuai harapan?
 

Tema Post-Apocalyptic Justru Ceria
Kualitas grafis Far Cry: New Dawn masih sama bagusnya. Cahaya, kualitas grafis setiap objek dan environment di game ini masih memukau seperti Far Cry 5. Apalagi saat mengunduh game ini, Anda ditawarkan untuk sekaligus mengunduh paket kualitas grafis HD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Far Cry: New Dawn mengambil latar cerita 17 tahun setelah ledakan nuklir yang menjangkau kota Hope County di ending Far Cry 5. Latar belakang bertema post-apocalyptic akhir diusung. Namun, justru hal tersebut sama sekali tidak ditemukan. Warna ungu mendominasi konsep dan tema game ini, termasuk hiasan grafiti.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Apabila game lain bertema post-apocalyptic menampilkan kesan suram dengan karakter makhluk hasil mutasi. Far Cry: New Dawn masih menampilkan keindahan alam Hope County. Medcom.id menemukan beberapa hewan yang bermutasi, tapi tidak mengerikan.
 
Begitu juga dengan karakter manusia maupun musuhnya. Berbeda dari far Cry 5, ada satu karakter musuh yang mengonsumsi narkotika dari Project at Eden's Gate dan menyerang secara brutal serta memilik daya tahan lebih tinggi.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Justru latar lokasi dengan tema post apocalyptic yang kuat ditemukan pada bagian cerita protagonis utama menjemput karakter ikonik Far Cry 5 yaitu Joseph Seed, pemimpin Project at Eden's Gate yang mengasingkan diri.
 
Plot Cerita Gagal Memenuhi Rasa Penasaran
Medcom.id sangat menantikan game ini sebelum dirilis. Alasannya Far Cry: New Dawn masih mengambil lokasi Hope County melanjutkan ending di Far Cry 5. Kami juga penasaran dengan nasib karakter pendamping atau Guns for Hire di Far Cry 5 usah ledakan nuklir.
 
Di Far Cry: New Dawn beberapa karakter dari Far Cry 5 masih ada yang hidup namun sebagian besar tiada. Sayangnya, tidak ada potongan cerita yang lengkap terkait karakter sebelumnya. Cerita bahwa karakter yang kini masih hidup pun terlalu singkat.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Far Cry: New Dawn berangkat dari usaha karakter Carmine Rye, anak dari pasangan karakter pendamping di Far Cry 5 yang mencari pertolongan. 17 tahun usai ledakan nuklir, kini Hope County dijajah oleh kelompok bandit bernama The Highwaymen.
 
Karakter pemain adalah salah satu sosok penting dari rombongan pasukan yang berhasil bertahan dari ledakan nuklir. Sayangnya, rombongan diserang oleh The Highwaymen dan Anda didaulat oleh warga Hope County untuk memimpin perlawanan.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Bagaimana dengan Project at Eden's Gate? Mereka masih ada dan berbeda dari karakter mereka yang dulu. Medcom.id tidak akan membocorkannya, karena kehadiran mereka menjadi plot menarik di sini.
 
Justru kehadiran karakter Joseph Seed malah lebih klimaks dibandingkan antagonis utama Mickey dan Lou, pemimpin The Highwaymen. Joseph Seed digambarkan semakin bijak di usia senjanya. Dalam proses menjemputnya suasana magis sangat terasa, seperti di Far Cry 5.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
Ada rasa mengerikan seperti saat bertemu keluarga Joseph Seed di Far Cry 5 ketika kita akan bertemu dengan Joseph Seed di Far Cry: New Dawn. Bagaimana dengan Mickey dan Lou dari The Highwaymen? Pertemuan dengan mereka ternyata jarang sekali dan tidak ada kejutan.
 
Medcom.id masih ingat bahwa progres dalam jalan cerita akan memancing momen mengejutkan. Pertemuan dengan antagonis anggota keluarga Joseph Seed dibuat seperti tidak terduga.
 
Elemen RPG yang Tidak Matang
Ubisoft memang semakin serius memasukkan elemen RPG ke dalam game buatannya. Far Cry 5 sebetulnya sudah memiliki elemen tersebut, tapi di Far Cry: New Dawn justru hal tersebut terasa biasa saja.
 
Karakter musuh, senjata, dan kendaraan dibagi menjadi beberapa beberapa kelas. Semakin tinggi kelas, jenis musuh akan memiliki daya tahan yang kuat, sementara senjata dan kendaraan akan memiliki daya tahan sekaligus serangan yang besar.
 
Semuanya bisa ditingkatkan lewat menaikkan level karakter. Namun untuk memilikinya Anda harus mengumpulkan resources untuk proses crafting. Sumber daya ini di dapatkan dari musuh atau menjelajahi arena permainan dengan bumbu teka-teki.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Perebutan Outpost musuh juga masih disajikan. Anda akan diganjar resources saat berhasil merebutnya. Untuk memudahkan mendapatkan resources, ada opsi Scavenge untuk setiap Outpost.
 
Jadi Outpost akan kembali dikuasai oleh The Highwaymen, namun jenis musuh yang menjaganya akan lebih pandai dengan daya tahan lebih tinggi. Artinya tingkat kesulitannya semakin tinggi, dan resources semakin banyak.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Medcom.id menyadari bahwa sebagian besar senjata di Far Cry: New Dawn hanya pengulangan dari Far Cry 5 dengan skin bertemapost-apocalyptic. Kecuali satu senjata yaitu Saw Launcher yang benar-benar mewakili senjata ala post-apocalyptic.
 
Pemain masih akan memiliki tree skill yang tidak jauh berbeda dari Far Cry 5. Harus diakui Medcom.id menemukan banyak fitur yang sama atau bahkan hilang.
 
Far Cry: New Dawn, Jangan Berharap Lebih Baik dari Far Cry 5
 
Sistem Gun for Hire juga sedikit berbeda. Anda tidak bisa lagi membawa dua karakter Gun for Hire maupun mengajak karakter NPC di jalan untuk mendampingi petualangan. Hanya bisa memilih satu dan kini setiap karakter Gun for Hire bisa memiliki tiga tingkatan kemampuan, tidak dua.
 
Hal baru lain yang bisa digali dari Far Cry: New Dawn adalah mode Expedition. Jadi Anda akan bermain di sebuah sandbox dengan ukuran luas yang merupakan markas The Highwaymen. Misi Anda adalah mengambil resources penting dan berusaha bertahan dari serangan musuh dalam beberapa gelombang sekaligus tingkat kesulitan sambil menunggu penjemputan.
 
Kesimpulan
Medcom.id berat hati harus mengakui bahwa Far Cry: New Dawn justru tidak mencapai ekspektasi. Sequel ini terasa dibuat terlalu tergesa-gesa sehingga plot cerita yang harus menjadi penawar gameplay yang minim pembaruan juga tidak mencapai klimaks.
 
Duo antagonis di game ini gagal memberikan rasa merinding seperti Far Cry 5 dengan keluarga Joseph Seed. Justru di game ini duo antagonis jarang terlibat interaksi dengan karakter utama.
 
Menurut Medcom.id, mungkin franchise Far Cry harus mulai mengikuti pola Assassin's Creed. Tidak merilis seri baru dalam jeda waktu setahun, dan memilih merilis DLC.
Platform PC, Xbox One, PlayStation 4
Developer Ubisoft Montreal
Publisher Ubisoft
Tanggal rilis 15 Februari 2019
Genre Action adventure, First person shooter
6,8
Far Cry: New Dawn
Plus
  • Grafis masih memukau
  • Kisah antagonis Far Cry 5 masih berlanjut
  • Mode Scavenge di Outpost tidak membosankan
  • Mode Expedition menguji kemampuan pemain
Minus
  • Tema post-apocalyptic yang ceria
  • Kisah karakter antagonis utama tidak dalam
  • Elemen RPG yang kurang matang
  • Hilangnya sandbox multiplayer


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif