Ilustrasi penipuan bermodus game Fortnite.
Ilustrasi penipuan bermodus game Fortnite.

Kepopuleran Fortnite Rentan Jadi Modus Penipuan

Teknologi games fortnite
Cahyandaru Kuncorojati • 30 Oktober 2018 15:10
Jakarta: Semakin populer sebuah game artinya sebuah prestasi namun tanpa disadari semakin banyak pihak tidak bertanggung jawab yang dengan mudahnya membuat beragam bentuk penipuan sehingga penggemar game tersebut terjebak.
 
Dikutip dar Wired, game Fortnite yang sangat terkenal khususnya di kawasan Amerika Serikat rupanya menjadi salah satu game yang sering dieksploitasi sebagai modus penipuan, bahkan jumlahnya modus penipuannya mencapai ribuan.
 
Data ini diperoleh dari firma keamanan siber ZeroFox. Ada modus penipuan terkait game Fortnite, yang tidak hanya hadir dalam bentuk aplikasi palsu. Game tersebut dibuat oleh Epic Games tanpa masuk layanan Google Play Store.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Firma ZeroFox menemukan setidaknya ada 4.770 domain atau situs palsu yang berujung pada modus penipuan berkedok game Fortnite dan 1.390 video di YouTube yang berisi tautan penipuan berkedok iklan dan juga malware belum lagi ditambah tautan penipuan di media sosial.
 
Dijelaskan bahwa penipuan terkait Fortnite berkaitan dengan mata uang yang digunakan di dalam game atau in-game currency bernama V-bucks yang digunakan untuk membeli aksesoris dan skin atau kosmetik karakter di dalam game setelah menukarkan uang asli ke bentuk V-bucks.
 
Iklan berkedok penipuan tersebut akan berusaha menampilkan bahwa mereka bisa memberikan V-Bucks secara cuma-cuma atau dengan menukarkan sesuatu kepada situs tersebut misalnya alamat email atau paling sering dengan hanya mengklik sebuah iklan.
 
Tentu saja modus penipuan semacam ini biasanya berusaha mengumpulan data pribadi sang korban, mulai dari nomor kontak, nomor identitas penduduk, hingga nomor kartu kredit.
 
Biasanya para penipu akan membuat tampilan situs dengan sangat bagus, sehingga sulit dikenali sebagai situs palsu dilengkapi dengan komentar gamer yang juga palsu. Ini bisa sangat meyakinkan korban.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif