Ilustrasi.
Ilustrasi.

PlayStation 5 Lebih Kencang dari PS4 Pro?

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Mei 2019 11:45
Jakarta: Meskipun belum ada kepastian tampilan fisik PlayStation 5 akan mulai unjuk gigi di tahun ini atau tahun depan, bocoran terkait kemampuan konsol generasi terbaru dari Sony tersebut terus bermunculan.
 
Bocoran terbaru berasal dari sebuah sesi khusus Sony dengan investor perusahaan mereka. Sebuah video beredar menampilkan presentasi mengenai peforma PlayStation 5 di acara tersebut. Namun, Sony belum resmi menyebutnya sebagai PlayStation 5, melainkan next generation console dan ditegaskan masih berstatus dalam pengembangan.
 
Video ini disebarkan oleh akun Twitter Takashi Mochizuki. Diketahui dia merupakan wartawan Wall Street Journal yang hadir dalam cara tersebut. Diperlihatkan rekaman presentasi yang menampilkan perbandingan kecepatan dari PlayStation 5 dengan PS4 Pro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diduga kuat presentasi ini memperlihatkan perbandingan kekuatan CPU dan GPU dari PlayStation 5. Pada bagian awal video diperlihatkan perbandingan durasi loading yang dibutuhkan konsol. PlayStation 5 diperlihatkan hanya butuh kurang dari satu detik, sementara PS4 Pro membutuhkan waktu delapan detik.
 
Kemudian presentasi selanjutnya tampaknya membahas proses rendering grafis. Diperlihatkan bahwa pada PS4 Pro hasil rendering hasilnya tidak tajam ketika game dipercepat sementara dibandingkan pada PlayStation 5 jauh lebih tajam.

 
Sebelumnya memang dikabarkan bahwa PlayStation 5 membawa pembaruan di CPU dan GPU. Peningkatan CPU ditambah adopsi SSD yang lebih baik diklaim berpengaruh terhadap durasi loading yang lebih cepat.
 
Beberapa waktu lalu pihak Sony PlayStation sudah mengumumkan bahwa mereka menggandeng AMD untuk menyediakan CPU generasi Ryzen yang akan digunakan.
 
Rumornya, PlayStation 5 akan menggunakan Ryzen generasi ketiga atau Seri 3000 yang hingga saat ini juga masih misterius untuk seri segmen CPU desktop. Sementara peningkatan di GPU memungkinkan efek ray tracing juga hadir di game PlayStation 5. GPU yang digunakan juga disebut berasal dari dukungan AMD.
 
Teknisi Sony PlayStaion, Mark Cerny, mengatakan bahwa PlayStation 5 juga kompatibel dengan televisi resolusi 8K serta mendukung fitur 3D audio yang kualitasnya tajam dan serupa dengan yang digunakan pada pengalaman konten virtual reality.
 
Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sony PlayStation 5 juga bisa melakukan cross-gen atau bermain bersama dengan pemain yang masih menggunakan PlayStation 4. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh President and CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan, dikutip dari IGN.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif