Controller PlayStation 4. (GettyImages)
Controller PlayStation 4. (GettyImages)

PS5 dan GTA 6 Rilis Tahun Depan?

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 12 April 2019 07:20
Jakarta: Konsol PlayStation 4 (PS4) sudah melewati batas usianya, yaitu lima tahun. Namun, kini belum ada pertanda wujud PlayStation 5 (PS5). Berbagai rumor terus beredar terkait spesifikasinya tapi termasuk prediksi tanggal konsol generasi terbaru dari Sony akan dirilis.
 
Kini rumor terbaru kembali beredar disebutkan PS5 akan dirilis tahun depan, 2020. Dikutip dari GamesRadar, rumor ini pertama kali dibisikkan oleh developer game asal Eropa yang mengklaim sedang mengerjaan game untuk konsol PS5.
 
Dalam sebuah forum bernama Pastebin, studio game ini mengaku sedang membantu sebuah perusahaan game besar untuk menyiapkan game kelas AAA saat peluncuran PS5. Klaim mereka bahwa rencana awal Sony merilis PS4 antara di bulan April hingga Juni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Spesifikasi dari PS5 disebut akan mengandalakn prosesor AMD Ryzen berbasis fabrikasi 7nm dengan 8 core dan 16 thread. Melihat fabrikasinya, spesifikasi tersebut akan mengandalkan prosesor AMD Ryzen 3000 Series yang saat ini belum juga dirilis tapi informasinya sudah bocor ke publik.
 
Menariknya salah satu game yang ikut disebut bakal dirilis bersama konsol PS5 adalah game GTA 6 garapan Rockstar Games. Seperti yang diketahui, akhir tahun 2018 Rockstar Games baru saja merilis Red Dead Redemption 2.
 
Sementara dulu Red Dead Redemption 1 dirilis dua tahun setelah game GTA 4. Jadi proses pembuatannya bisa dibilang sangat cepat. Beberapa game baru lain yang ikut dirumorkan adalah Gran Turismo 7, Battlefield: Bad Company 3, dan Horizon Zero Dawn 2.
 
Sony sendiri dipastikan tidak akan hadir di ajang E3 2019, panggung yang biasa digunakan industri game untuk mengumumkan karya terbarunya. Namun, mereka masih memiliki event PlayStation, jadi kemungkikan besar PS5 bakal diumumkan ekslusif di acara mereka.
 
Beberapa waktu lalu sempat beredar bocoran mengenai teknologi controller serta bentuk controller yang diduga merupakan PlayStation 5, namun hal tersebut masih diragukan. Beberapa penggemar bahkan dengan sangat niat membuat video desain PlayStation 5 yang terlihat seperti asli jadi sempat menipu beberapa gamer saat itu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif