Beberapa konten gamification buatan Agate untuk korporasi.
Beberapa konten gamification buatan Agate untuk korporasi.

Gamification, Jurus Agate Studio Sentuh Pasar B2B

Cahyandaru Kuncorojati • 30 Januari 2019 17:05
Jakarta: Studio game asal Bandung, Agate Studio, tidak hanya berfokus di industri game. Mereka juga memiliki karya untuk menjamah segmen korporasi atau B2B (Business to Business) yang bernama Agate Level Up.
 
Diejlaskan oleh Co-founder sekaligus Chief Marketing Officer Agate dalam acara yang digelar hari ini, mereka mengembangkan metode yang sudah dikenal yaitu gamification.
 
"Menurut pendapat ahli gamification bernama Yu-kai Chou adalah memasukkan elemen game dalam konten non game," ucap Shieny. Disebut Shieny tujuannya adalah agar konsumen atau target audience lebih engage terhadap sebuah layanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam konteks bisnis Agate LevelUp, Shieny menjelaskan bahwa gamification dihadirkan sebagai solusi untuk korporasi. Misalnya modul pelatihan (training), penilaian (assessment), dan pemasaran (marketing).
 
"Mudahnya, Agate membuatkan sebuah game yang digunakan untuk modul pelatihan pegawai perusahaan. Dengan bentuk game, pegawai akan bisa lebih mudah memperoleh edukasi dan menekan biaya serta waktu yang harus dikeluarkan untuk menggelar kelas pelatihan," tutur Shieny.
 
Shieny menjelaskan bahwa solusi bisnis dari Agate Level Up ini sangat relevan, mengingat workforce di perusahaan saat ini dan ke depannya didominasi kalangan milenial. Metode dengan modul gamification atau game dinilai lebih pas.
 
Bisnis Agate Level Up sendiri sudah dirintis sejak 2010 dengan klien lebih dari 150 perusahaan yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, serta Amerika Serikat. Beberapa di antaranya Astra dan Bank Indonesia.
 
"Jadi beberapa perusahaan menggunakan game sebagai modul pelatihan bahkan penilaian kepribadian untuk calon pegawai atau pegawai mereka untuk melihat motivasi bekerja di perusahaan seiring jenjang karirnya," imbuh Shieny.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif