Facebook menghadirkan layanan gaming cloud via situs web di perangkat iOS.
Facebook menghadirkan layanan gaming cloud via situs web di perangkat iOS.

Facebook Boyong Gaming Cloud ke Perangkat Apple dengan Aplikasi Web

Teknologi teknologi apple facebook
Lufthi Anggraeni • 24 Juli 2021 14:45
Jakarta: Mulai hari Jumat lalu, Facebook menghadirkan layanan gaming cloud terbarunya ke iPhone dan iPad melalui aplikasi web, memungkinkan pengguna menambahkannya ke layar homescreen layaknya aplikasi bawaan.
 
Mengutip The Verge, situs ini memungkinkan pengguna memainkan game web sederhana seperti Solitaire dan match-threes, serta menyediakan lebih banyak judul game dengan grafis intensif seperti game balapan.
 
Namun akibat peraturan yang diterapkan Apple, masih belum tersedia informasi pasti menyoal cara pengguna dapat menemukan layanan ini, sebab pengembang pihak ketiga seperti Facebook dilarang mengarahkan pengguna ke situs dengan mekanisme pembelian yang tidak dimiliki oleh Apple.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai pengingat, dominasi Apple menyoal metode pembayaran pada perangkat iOS merupakan salah satu permasalahan yang tidak hanya diprotes oleh Facebook, tetapi juga perusahaan game lain seperti Epic.
 
Perpustakaan game web facebook, termasuk game berbasis HTML5 dan judul lebih canggih lain dapat disiarkan secara langsung dari cloud, menggunakan sistem pembayaran khusus karya jejaring ini bertajuk Facebook pay untuk menerima pembelian dalam game.
 
Keputusan Facebook menghadirkan platform game ini ke iOS via web menyerupai pendekatan yang dilakukan oleh Amazon dan Microsoft, yang juga telah merilis Progressive Web Apps, atau PWAs, untuk masing-masing layanan gaming cloud sehingga dapat berkompromi dengan App Store.
 
Pada tahun 2020 lalu, Facebook mengajukan keluhan secara tegas saat Apple memblokir upayanya untuk menghadirkan game dalam bentuk aplikasi mandiri untuk iOS dan menyebut akan menjadi alternatif.
 
Tidak lama kemudian, Apple mengubah peraturannya untuk memungkinkan game berbasis cloud selama game tersebut didaftarkan sebagai aplikasi individual ke App Store untuk dikaji. Kebijakan ini juga merupakan kebijakan yang dikeluhkan Microsoft dan penerbit lain karena tidak menjawab keinginan mereka untuk merilis saluran resmi gaming di iOS.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif