CEO dan Co-Founder RRQ Andrian Pauline. (Medcom.id)
CEO dan Co-Founder RRQ Andrian Pauline. (Medcom.id)

Sesi Siaran Langsung Bagi Atlet Esports, Apakah Mengganggu?

Teknologi games esports rrq esports
Ellavie Ichlasa Amalia • 13 Maret 2019 18:02
Jakarta:Tugas atlet esports tidak melulu bermain game. Tim profesional seperti Rex Regum Qeon (RRQ) juga biasanya menggelar siaran langsung secara rutin.
 
Dalam wawancara di RRQ House, CEO dan Co-Founder Andrian Pauline mengatakan bahwa kegiatan seperti live streaming tidak akan mengganggu latihan para gamer profesional.
 
"Selama manajemen bisa atur waktu, ini bukan masalah," kata Andrian. "Mengadakan siaran langsung kan bukan berarti mereka tidak bisa latihan."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan, Nimo TV, yang menjadi platform pilihan RRQ untuk menampilkan siaran langsung, juga menawarkan jadwal live streaming yang cukup fleksibel.
 
"Mereka mengerti jika kita lagi banyak turnamen," katanya. Dia meyakinkan, tujuan utama RRQ adalah untuk menjadi tim yang kuat dan tidak sekadar mengejar popularitas.
 
"Saat siaran langsung, itu adalah waktu yang tepat untuk engage para fans," ujar Andrian. "Tanpa fans, pemain profesional juga tidak akan menjadi sangat berharga." Tidak heran, salah satu sumber pemasukan tim esports profesional seperti RRQ adalah sponsor.
 
Sebuah tim akan bisa mendapatkan sponsor dengan lebih mudah jika mereka berpretasi dan memenangkan berbagai kejuaraan. Jumlah fans dari sebuah tim esports juga akan memengaruhi apakah sebuah perusahaan rela untuk menjadi sponsor mereka.
 
Sumber pemasukan lain dari sebuah tim esports profesional adalah penjualan merchandise. Lagi-lagi, hal ini akan sangat dipengaruhi oleh jumlah fans yang dimiliki oleh sebuah tim profesional.
 
Meskipun membangun citra penting, Andrian meyakinkan bahwa fokus utama RRQ tetaplah mencapai kemenangan dalam turnamen.
 
Dalam mencari talenta pun, keinginan untuk menang adalah salah satu syarat utama. "Walau klise, filosofi kami memang keinginan untuk menjadi terbaik," katanya.
 
Dia merasa, jika seorang pemain memiliki rasa haus akan kemenangan, ini akan memudahkan manajemen untuk mendorong para gamer profesional untuk berlatih lebih keras atau memoles perilaku mereka menjadi lebih baik.
 
Andrian menganggap, Nimo TV memiliki filosofi yang sama. Inilah alasan mereka memutuskan menjalin kerja sama. "Kami melihat Nimo TV serius untuk mengumpulkan talenta terbaik esportsdi Indonesia untuk melakukan siaran di aplikasinya. Selain itu, Nimo TV juga memiliki citra yang bersih," ujarnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif