Pelatnas Timnas Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam (Dok. NOC Indonesia)
Pelatnas Timnas Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam (Dok. NOC Indonesia)

Lanjut Pelatnas SEA Games Tahap 2, Timnas Esports Finalisasi Kontingen

Rendy Renuki H • 13 April 2022 20:07
Jakarta: Timnas Esports Indonesia melanjutkan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) tahap kedua untuk SEA Games 2021 Vietnam.
 
Pelatnas kali ini sekaligus sebagai finalisasi kontingen Timnas Esports yang akan bertarung di pesta olahraga multievent dua tahunan se-ASEAN tersebut.
 
Jika pada Pelatnas tahap pertama dilakukan penyaringan dan pelatihan awal para atlet, maka Pelatnas tahap kedua ini akan menjadi persiapan intensif terakhir dari kontingen Esports Indonesia sebelum diberangkatkan ke Hanoi, Vietnam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Finalisasi kontingen dilakukan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dan Badan Tim Nasional Esports dengan memperhatikan beberapa aspek. Seperti kedisiplinan atlet, prestasi, penerapan pola hidup sehat, dan lainnya.
 
Pada Pelatnas ini juga dilakukan analisa dan pengembangan teknik individu maupun tim melalui pola latihan dari para pelatih, baik saat in-game maupun saat persiapan.
 
"PBESI dan Badan Timnas Esports senantiasa memberikan yang terbaik untuk memfasilitasi para atlet dan pelatih dalam Pelatnas tahap 2 ini. Dengan demikian, mereka dapat berkonsentrasi dan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengukir prestasi dan memaksimalkan potensi perolehan medali di SEA Games 2021," kata Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo, Rabu 13 April 2022.
 
Kegiatan Pelatnas Esports tahap kedua ini awalnya diadakan di Highgrounds, PIK, pada 28 Maret-10 April 2022 karena masih banyak atlet timnas esports yang mengikuti liga di Jakarta. Setelah liga selesai, Pelatnas tahap kedua dipindahkan ke area Basecamp Family Leisure, Megamendung agar para atlet dan pelatih dapat berkonsentrasi dan memfokuskan diri dengan lebih baik.
 
Pada awalnya, PBESI dan Badan Timnas Esports menargetkan enam medali emas, tiga perak, dan satu perunggu di SEA Games 2021 Vietnam. Namun, setelah seluruh kontingen Indonesia termasuk esports mengalami perampingan hingga 43,4 persen, PBESI dan Badan Timnas Esports menerima hasil evaluasi tim review PPON untuk memberangkatkan nomor pertandingan yang paling berpotensi mendapatkan medali emas saja.
 
"Meskipun keputusan perampingan ini mengecewakan banyak pihak, terutama mereka yang telah bersusah payah mengikuti Pelatnas Esports tahap 1, pada akhirnya kita harus mensyukuri bahwa kontingen esports masih tersisa lebih dari setengahnya, dan menjadi cabang olahraga dengan jumlah kontingen terbanyak untuk SEA Games 2021 Vietnam," tutur Manajer Timnas Esports Indonesia, Tjahyono Prasetianto. 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif