Ilustrasi: Seattle Weekly
Ilustrasi: Seattle Weekly

IDBYTE Esports 2019 Digelar September, Total Hadiah Rp750 Juta

Teknologi games esports pubg
Mohammad Mamduh • 15 Agustus 2019 13:33
Jakarta: BUBU akan kembali menggelar acara tahunannya, IDBYTE. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, pada tahun ini IDBYTE 2019 akan mengangkat esports sebagai tema utamanya.
 
Dengan tagline Gaming for Change, IDBYTE 2019 diklaim menjadi pionir untuk menghadirkan konferensi esports pertama di Indonesia yang dihadiri pembicara internasional.
 
Di waktu dan tempat yang sama, mereka juga menggelar BUBU Esports Tournament, atau yang disingkat sebagai B.E.S.T. Kompetisi ini bermitra dengan Tencent Games dan didukung IESPA, BEKRAF, Kominfo, serta Kemenpora.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


B.E.S.T akan mempertandingkan salah satu game mobile dengan komunitas yang besar di Indonesia, PUBG Mobile.
 
Esports menjadi peluang ekonomi besar di masa depan. Data dari PUBG Mobile Asia Tenggara pada bulan Mei 2019 menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan pengguna PUBG Mobile tertinggi sedunia.
 
Sementara para peminat esports Indonesia bukan hanya PUBG Mobile. Perkembangan pelaku esports di Indonesia diyakini akan terus bertambah. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut potensi bisnis esports di Indonesia telah mencapai USD700 juta atau sekitar Rp9,8 triliun pada 2017.
 
Berbeda dari turnamen PUBG Mobile lainnya, B.E.S.T juga punya kompetisi PUBG Mobile yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu divisi pria dan wanita.
 
BUBU mengklaim ingin mengubah pandangan masyarakat Indonesia tentang gaming, terlebih kesetaraan gender antara wanita dan pria, mengingat jumlah gamer wanita di dunia telah mencapai 44 persen menurut riset dari Newzoo.
 
B.E.S.T menyiapkan hadiah total Rp290 juta untuk turnamen divisi wanita. Hal ini otomatis membuat B.E.S.T menjadi kompetisi esports PUBG Mobile wanita di Asia Tenggara dengan hadiah terbesar.
 
“B.E.S.T 2019 merupakan sebuah langkah awal dari BUBU yang menargetkan sebuah perubahan dan perkembangan ekosistem esports Indonesia,” kata Shinta Danuwardoyo, CEO BUBU.
 
“Perubahan ini sudah mulai terlihat dari banyaknya tim esports besar yang membuat tim wanita. Perubahan dan perkembangan ini diharapkan akan menjadikan Indonesia sebagai ekosistem esports terbesar dan terkuat di Asia Tenggara.”
 
B.E.S.T juga akan menghadirkan Talent Hunt by BUBU Awards. Tujuannya adalah memberi kesempatan kepada individu yang hendak menampilkan bakat terbaik mereka/
 
Talent Hunt by BUBU Awards akan mencari bakat dalam beberapa bidang yang berhubungan dengan esports dan game, yaitu shoutcaster, streamer, dan cosplay yang akan dinilai langsung oleh Alodia Gosiengfiao, cosplayer asal Filipina yang kerap diundang ke berbagai ajang internasional.
 
IDByte 2019 dan B.E.S.T. akan digelar di ICE BSD pada tanggal 13-14 September 2019 yang akan dihadiri Kevin Lin, COO & Co-Founder Twitch, Allan Phang, Head of Esports Airasia, Shigenori Araki, Head of Esports Capcom, Alodia Gosiengfiao, dan pembicara lainnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif