Indonesia berhasil membawa pulang medali emas pada eksibisi esport di Asian Games 2018.
Indonesia berhasil membawa pulang medali emas pada eksibisi esport di Asian Games 2018.

Persiapan Timnas Esports SEA Games 2019 Hampir Matang

Teknologi esports SEA Games 2019 Filipina
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Agustus 2019 16:07
Jakarta: SEA Games 20190 Manila, Filipina, akan digelar pada bulan Desember nanti dengan satu cabang olahraga baru yaitu esports. Indonesia sebagai peserta juga telah mempersiapkan timnas, dan saat ini segera memasuki tahap pelatnas.
 
Ketua Badan Timnas Esports Indonesia SEA Games 2019 Erick Herlangga menuturkan bahwa proses persiapan sudah 80 persen. Dia menuturkan dari enam divisi games yang akan dipertandingkan tersisa tiga games yang masih dalam tahap pembentukan timnas.
 
"Tersisa divisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), DOTA 2 dan Arena of Valor yang masih dalam pembentukan tim. Game lain seperti Hearthstone, Starcraft 2, Tekken 7, sudah ada pemain atau tim tetap untuk siap diberangkatkan. Akhir bulan akan diberikan daftar pemain yang diberangkatkan kepada Komite Olimpiade Indonesia," tutur Erick.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick menjelaskan tiga gim ini terutama MLBB sempat terbentur dengan jadwal dari lembaga dipimpinnya saat ini. Disebutkan bahwa MLBB di Indonesia termasuk kompetisi yang memiliki banyak pemain terbaik sehingga mereka harus bernegosiasi dengan klub atau tim esports dan liga yang berlangsung.
 
"Jadi kita mencoba menyatukan pemain bintang dari tiap klub berbeda menjadi satu kesatuan di timnas, Indonesia" ungkap Erick.
 
Seperti yang diketahui bahwa untuk susunan tim pada tiga game tadi akan berasal dari berbagai klub di Indonesia. Game MLBB sendiri juga sedang memiliki liga yang berjalan yaitu liga MPL.
 
Soal pelatnas yang akan digelar, Erick menyebut sesi tersebut tetap bisa disaksikan publik secara live streaming maupun hadir ke lokasi yang akan berlangsung di Golden Tulip Hotel Surabaya. Pemain akan mengikuti latihan fisik dan game.
 
"Kita juga berencana menggelar kompetisi internasional sebagai pemasan dan bagian dari rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Independence Cup. Ada perwakilan dari tim esports dari negara Asia Tenggara yang akan bertanding dengan timnas Indonesia," jelas Erick.
 
Permainan terbaik dari timnas esports Indonesia di SEA Games 2019 sangat diharapkan oleh Erick, karena ini bukan kali pertama bagi Indonesia. Dia mengingatkan bahwa Indonesia juga sudah sempat tampil di laga eksibisi esports Asian Games 2019.
 
"Ke depannya kami ingin agar game developer bisa mengikuti jadwal event negara. Tidak seperti sekarang yang kami harus beberapa kali terbentur event developer atau liga turnamen," beber Erick. Diklaim Erick bahwa dalam waktu dekat timnas esports Indonesia juga bakal kebagian event esports besar di Korea Selatan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif