Ilustrasi
Ilustrasi

PUBG Mobile Terus Gelar Kompetisi Esports, Apa Saja?

Teknologi games esports pubg
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Juli 2020 16:50
Jakarta: Pesatnya perkembangan industri kreatif bidang esports di dunia, termasuk di Indonesia, dalam beberapa tahun ini mengalami tren yang positif dan terus menanjak.
 
Menurut data Newzoo pada 2019 silam, pengguna smartphone di Indonesia telah mencapai 82 juta lebih dan lebih dari 52 jutanya adalah pemain game mobile. Hal tersebut menempatkan Indonesia di peringkat ke 17 dunia sebagai pengguna game mobile terbanyak danmenyumbang sebesar USD624 juta atau setara Rp8,7 triliun untuk mobile gaming sepanjang tahun 2019.
 
Hingga saat ini, perkembangan industri esports dinilaitelah memberikan banyak manfaat bagi orang banyak. Industri ini telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru di sektor kreatif yang berimbas keuntungan terhadap ekonomi yang tidak sedikit bagi Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya memperoleh penghasilan dari menjadi atlet di industri ini, namun seseorang dapat berperan sebagai organizer, shoutcaster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai bakatnya masing-masing di kompetisi yang banyak digelar di dalam negeri.
 
PUBG Mobile sendiri termasuk salah satu yang cukup banyak menggelar kompetisi rutin dalam satu tahun. Walaupun saat ini ajang onlinebanyak yang dihentikan karena pandemi, masih ada beberapa aktivitas PUBG Mobile untuk skala dunia.
 
Sebut sajaPUBG Mobile Pro League Season 1 dan PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020 Indonesia. Tercatat lebih dari 51.000 peserta dari seluruh Indonesia telah mendaftar untuk mengikuti ajang PINC 2020 ini.
 
Dalam waktu dekat ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan GGWP, juga akan mengadakan kompetisi PUBG Mobile Baparekraf Game Prime 2020 di bulan Agustus mendatang, dan menawarkan total hadiah hingga Rp1 miliar.
 
Dari pihak swasta dalam kurun waktu 3 bulan kedepan, ada Gopay Arena Championship, yang kini tengah berlangsung dengan total hadiah Rp2,2 miliar, IES Smartfren Indonesia Championship dengan total prize pool Rp500 juta, Nusantara Battleground dengan total Rp40 juta, Esports Superstars Battle dengan hadiah mencapai Rp250 juta, dan ROG Mabro dengan total prize poolRp20 juta.
 
“Industri esports ke depannya akan dapat menjadi pilar ekonomi baru yang harus dikembangkan bersama oleh semua pihak. Industri ini memiliki karir yang bagus, karena mampu mendatangkan penghasilan yang cukup besar. dan patut didukung oleh seluruh kalangan,” kata Gaga Li, Head of PUBG MOBILE eSports untuk Asia Tenggara,
 
Dengan animo yang besar dari para anak muda dan ekosistem yang terbentuk dari berbagai kompetisi dan kegiatan di industri esports, pihak PUBG Mobile berharap agar pemerintah dapat terus mendukung ekosistem ini sehingga akan lebih banyak atlet-atlet yang dilahirkan untuk masa-masa yang akan datang dan lapangan pekerjaan dari industri kreatif in juga semakin luas.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif