Founder BUBU.com dan Chairwoman IDBYTE Esports 2019, Shinta Dhanuwardoyo.
Founder BUBU.com dan Chairwoman IDBYTE Esports 2019, Shinta Dhanuwardoyo.

Melihat Kesetaraan Gender di IDBYTE Esports 2019

Teknologi games esports
Cahyandaru Kuncorojati • 13 September 2019 13:57
Jakarta: BUBU Esports Tournament (BEST) yang digagas oleh BUBU.com milik Shinta Dhanuwardoyo disebut tidak hanya membawa misi berkontribusi terhadap industri esports Indonesia, tapi menuntut kesetaraan gender antara pria dan wanita.
 
"IDBYTE Esports 2019 menyediakan nilai hadiah yang sama besarnya untuk turnamen divisi pria dan perempuan. Nilai hadiah tersebut juga menjadi yang terbesar pertama di Asia Tenggara untuk turnamen esports wanita," klaim Shinta yang juga menjabat sebagai Chairwoman IDBYTE Esports 2019.
 
Disebutkan bahwa IDBYTE Esports 2019 menyediakan nilai hadiah total mencapai Rp750 juta dengan nilai hadiah Rp290 juta untuk divisi pro player wanita. Namun, Shinta ingin lebih dari ini dengan menjadi titik awal perubahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sulit menemukan ada kompetisi esports yang nilai hadiah untuk turnamen pemain wanitanya lebih besar dari pemain pria. Ini masih jadi awal, harapannya nanti pemain pria dan wanita bisa bermain langsung dalam satu turnamen bahkan satu tim," jelas Shinta.
 
Shinta memaparkan data yang dikutip dari Newzoo menampilkan bahwa jumlah gamer pria dan perempuan di Indonesia tidak terpaut selisih yang jauh. Disebutkan jumlah gamer pria dan perempuan di Indonesia berbanding 56 persen dan 44 persen.
 
Melihat Kesetaraan Gender di IDBYTE Esports 2019
 
Sedikit berbeda dari data mengenaik topik yang sama dari Presiden Direktur Telkomsel, Emma Sri Martini, yang mengutip berbagai hasil riset diperlihatkan bahwa jumlah gamer wanita sebanyak 49 persen dan gamer pria 51 persen dari total 43,7 juta gamer di Indonesia.
 
"Jadi pro player perempuan belum mendapatkan posisi yang sejajar dengan pemain pria sehingga sulit menemukan pemain yang menonjol dan bisa dilihat setara dengan kemampuan pria di esports. Makanya tagline kompetisi ini Gaming for Change," ungkap Shinta.
 
Shinta menyebut akan melangsungkan kompetisi IDBYTE Esports secara berkala melalui B.E.S.T. Kompetisi kali ini masih mempertandingkan game PUBG Mobile karena pihak penyelenggara tengah menjalin kerja sama dengan Tencent.
 
Melihat Kesetaraan Gender di IDBYTE Esports 2019
 
12 tim pro player perempuan yang ikut serta dalam turnamen PUBG Mobile IDBYTE Esports 2019 di antaranya adalah Belletron, Nara Pixels, Onic Ladies, Armored Project Ladies, WAW Love You, Rev Kamikaze, Louvre Angels, Saints Ladies, SFI-X-Girls, BOOM Siren, Victim Babes, dan The Prime Angels.
 
Semuanya adalah divisi pro player perempuan dari tim atau klub esports Tanah Air yang sudah populer. Sisanya adalah empat tim yang terpilih dari regional qualifiers di Jakarta dan Bandung. Total ada 16 tim esports wanita yang bermain di turnamen PUBG Mobile IDBYTE Esports 2019.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif