ESL Mobile Open.
ESL Mobile Open.

Gandeng Operator, ESL Gelar Kompetisi Esports Mobile

Teknologi esports esl indonesia
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Maret 2019 20:57
Jakarta: Organisasi esports ternama, ESL, baru saja mengumumkan divisi kompetisi baru. Kompetisi ini bernama ESL Mobile Open. Dari namanya, kompetisi memang ditujukan untuk pengguna smartphone.
 
Sebelumnya ESL sudah dikenal sebagai penyelenggara kompetisi esports berbasis PC. Di Indonesia, ESL memang menyertakan game mobile dalam kompetisi perdananya.
 
Kali ini ESL bekerja sama dengan AT&T, operator telekomunikasi Amerika Serikat. ESL Mobile Open akan hadir dalam tiga musim (seasons) dan mempertandingkan tiga game. Game tersebut adalah PUBG Mobile, Clash of Clans, dan Asphalt 9: Legends.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Musim pertama ESL Mobile Open akan digelar pada 18 Maret 2019 dengan tiga rangkaian kompetisi. Di antaranya Open Qualifier, Closed Qualifier Stage, dan kemudian Final Stage yang akan disiarkan langsung ESL. Hadiah totalnya sebesar USD330.000 atau senilai Rp4,7 miliar.
 
"Kami percaya bahwa platform mobile akan menyediakan peluang bagi perkembangan esports yang berlipat ganda di masa depan," tutur CEO ESL Gaming North America, Yvette Martinez Rea, dikutip dari VentureBeat.
 
"Pertama kali dalam industri esports, ESL Mobile Open dikembangkan untuk menyediakan akses bagi pengguna smartphone untuk berkompetisi di tingkat lebih tinggi dengan game esports mobile," imbuhnya.
 
Langkah ESL kali ini tergologong menarik karena industri game di Amerika Utara dikenal didominasi oleh platform PC dan konsol. Pasar esportsmobile justru lebih melekat di Asia karena dianggap sebagai pasar terbesar industri smartphone.
 
Di Indonesia, ESL menandakan kehadirannya dengan kompetisi ESL Indonesia Championship dan ESL Clash of Nations. Keduanya menyertakan game mobile Arena of Valor di kompetisinya. ESL Clash of Nations menjadi kompetisi tingkat internasional Asia Tenggara pertama ESL dengan Indonesia sebagai tuan rumah.
 
Pemilihan game PUBG Mobile di ESL Mobile Open juga dinilai berdasarkan pertimbangan game mobile yang populer. Di Amerika Serikat, franchise PUBG masih kalah populer dibandingkan Fortnite.
 
Meskipun Fortnite juga tersedia untuk smartphone tapi game ini memang lebih banyak dimainkan di konsol atau PC untuk kawasan Amerika Serikat. Berbanding terbalik dengan di Indonesia dan beberapa negara Asia, game Fortnite justru tidak ramai seperti PUBG Mobile.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif