ESL Mobile Open.
ESL Mobile Open.

Gandeng Operator, ESL Gelar Kompetisi Esports Mobile

Teknologi esports esl indonesia
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Maret 2019 20:57
Jakarta: Organisasi esports ternama, ESL, baru saja mengumumkan divisi kompetisi baru. Kompetisi ini bernama ESL Mobile Open. Dari namanya, kompetisi memang ditujukan untuk pengguna smartphone.
 
Sebelumnya ESL sudah dikenal sebagai penyelenggara kompetisi esports berbasis PC. Di Indonesia, ESL memang menyertakan game mobile dalam kompetisi perdananya.
 
Kali ini ESL bekerja sama dengan AT&T, operator telekomunikasi Amerika Serikat. ESL Mobile Open akan hadir dalam tiga musim (seasons) dan mempertandingkan tiga game. Game tersebut adalah PUBG Mobile, Clash of Clans, dan Asphalt 9: Legends.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Musim pertama ESL Mobile Open akan digelar pada 18 Maret 2019 dengan tiga rangkaian kompetisi. Di antaranya Open Qualifier, Closed Qualifier Stage, dan kemudian Final Stage yang akan disiarkan langsung ESL. Hadiah totalnya sebesar USD330.000 atau senilai Rp4,7 miliar.
 
"Kami percaya bahwa platform mobile akan menyediakan peluang bagi perkembangan esports yang berlipat ganda di masa depan," tutur CEO ESL Gaming North America, Yvette Martinez Rea, dikutip dari VentureBeat.
 
"Pertama kali dalam industri esports, ESL Mobile Open dikembangkan untuk menyediakan akses bagi pengguna smartphone untuk berkompetisi di tingkat lebih tinggi dengan game esports mobile," imbuhnya.
 
Langkah ESL kali ini tergologong menarik karena industri game di Amerika Utara dikenal didominasi oleh platform PC dan konsol. Pasar esportsmobile justru lebih melekat di Asia karena dianggap sebagai pasar terbesar industri smartphone.
 
Di Indonesia, ESL menandakan kehadirannya dengan kompetisi ESL Indonesia Championship dan ESL Clash of Nations. Keduanya menyertakan game mobile Arena of Valor di kompetisinya. ESL Clash of Nations menjadi kompetisi tingkat internasional Asia Tenggara pertama ESL dengan Indonesia sebagai tuan rumah.
 
Pemilihan game PUBG Mobile di ESL Mobile Open juga dinilai berdasarkan pertimbangan game mobile yang populer. Di Amerika Serikat, franchise PUBG masih kalah populer dibandingkan Fortnite.
 
Meskipun Fortnite juga tersedia untuk smartphone tapi game ini memang lebih banyak dimainkan di konsol atau PC untuk kawasan Amerika Serikat. Berbanding terbalik dengan di Indonesia dan beberapa negara Asia, game Fortnite justru tidak ramai seperti PUBG Mobile.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif