Kyle Giersdorf berhasil menjadi juara mode Solo dari Fortnite World Cup pertama. (Johannes Eisele/Getty Images)
Kyle Giersdorf berhasil menjadi juara mode Solo dari Fortnite World Cup pertama. (Johannes Eisele/Getty Images)

Juara Dunia Fortnite, Remaja 16 Tahun Bawa Pulang Rp42 Miliar

Teknologi games esports fortnite
Cahyandaru Kuncorojati • 30 Juli 2019 14:25
Jakarta: Epic Games sebagai pengembang Fortnite akhirnya menggelar kompetisi resmi pertamanya pada 26-28 Juli di New York, Amerika Serikat. Kompetisi ini bertajuk Fortnite World Cup.
 
Fortnite World Cup yang sejatinya merupakan esports berhasil menorehkan popularitas di sisi nilai hadiahnya. Kompetisi menyediakan total hadiah yang besarnya mengalahkan kompetisi olahraga tradisional terkenal.
 
Nilai hadiah total dari Fortnite World Cup termasuk yang terbesar karena mencapai USD30 juta atau sekitar Rp420,6 miliar. Angka ini sebanding dengan hadiah kejuaraan sepak bola perempuan FIFA Women's World Cup yang usai digelar bulan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun begitu, Fortnite World Cup masih jauh lebih menakjubkan. Apabila tim Amerika Serikat sebagai pemenang FIFA Women;s World Cup harus membagi hadiah senilai USD4 juta atau sekitar Rp65 miliar untuk 11 pemain, justru seorang remaja 16 tahun berhak membawa hadiah USD3 juta atau Rp42 miliar sebagai juara Fortnite World Cup.
 
Remaja 16 tahun bernama Kyle Giersdorf dengan nama in-game atau karakter Bugha berhasil menjadi Fortnite World Cup mode Solo.
 
Sebetulnya tersedia juga mode Team di kompetisi ini namun mengingat game tersebut mengusung battle royale maka pemenang di mode Solo lebih dipuja penggemar game Fortnite.
 
Dikutip dari Engadget, Giersdorf mendapatkan hadiah yang bahkan jauh lebih besar dari yang diperoleh pemain golf dunia seperti Tiger Woods di kompetisi Golf Masters Tornament 2019 dengan hadiah total USD11,5 juta (Rp161,2 miliar). Woods berhak mendapatkan hadiah USD2 juta (Rp28 miliar) sebagai juara pertama.
 
Nilai hadiah Giersdorf dari Fortnite World Cup juga berhasil membuat hadiah kejuaraan tenis Wimbledon ke-133 terlihat kecil. Hadiah total yang diterima Novak Djokovic dan Simona Halep sebagai juara Wimbledon masing-masing merima USD2,8 juta (Rp39,2 miliar).
 
Padahal kejuaraan tenis ini menyiapkan hadiah total lebih besar dari Fortnite World Cup yaitu mencapai USD46 juta atau sekitar Rp645 miliar. Namun, rekor Fortnite dipastikan akan segera dipatahkan.
 
Di tanggal 26 Agustus akan digelar kejuaraan tenis Amerika Serikat, yaitu US Open yang menyiapkan hadiah total USD43 juta atau sekitar Rp602,9 miliar dan juaranya akan diganjar hadiah sekitar USD3,8 juta (Rp53,9 miliar).
 
Bukan berarti kompetisi esports tidak akan membuat kejutan lagi. The International 2019 DOTA 2 yang digelar Valve pada 20 Agustus 2019 melakukan penggalangan dana dari penggemar game DOTA 2 untuk kompetisi tersebut.
 
Pada 23 Juli 2019, dana untuk hadiah total kompetisi tersebut sudah mencapai lebih dari USD30 juta atau sekitar Rp419 miliar artinya sudah menyalip nilai hadiah total Fortnite World Cup. Penggalangan dana ini masih akan berlangsung hingga satu bulan ke depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif