EVO Championship Series.
EVO Championship Series.

Turnamen Esports Dibatalkan Akibat Pelecehan Seksual

Teknologi games esports
Cahyandaru Kuncorojati • 03 Juli 2020 15:02
Jakarta: Turnamen esports global EVO Championship Series dikabarkan batal dilaksanakan tahun ini. Bukan akibat pandemi Covid-19 melainkan kasus pelecehan seksual yang melibatkan pendiri sekaligus presiden turnamen tersebut, Joey "MrWizard" Cuellar.
 
Turnamen ini dihentikan karena sebagian developer atau publisher game yang terlibat di acara ini menyatakan mundur setelah kasus tersebut terungkap. EVO Championship Series merupakan turnamen esports yang fokus di game fighting.
 
Dikutip dari PC Gamer, kasus pelecehan seksual ini terungkap dari salah satu pro player bernama Mikey "Crackpr0n" Pham. Dia mengku lewat cuitan di Twitter bahwa dirinya menjadi korban saat masih remaja di turnamen tersebut di tahun 2000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia bukan satu-satunya, pemain pro yang juga ikut buka suara adalah Jay "Viscant" Snyder yang merupakan juara EVO Championship Series 2011. Dia sempat mengakui pelecehan seksual yang dialami, namun segera menghapus cuitannya di Twitter.
 
Artinya, masih ada kemungkinan bahwa korban dari Cuellar cukup banyak namun tidak berani bersuara. Akhirnya Cueller diakabarkan sudah dihentikan jabatannya dari manajemen turnamen dan kasusnya akan dilakukan investigasi mendalam.
 
Beberapa perusahaan game yang menyatakan mundur dari turnamen ini adalah Capcom pemilik Street Fighter, Netherrealms untuk Mortal Kombat 11, dan Bandai Namco yang memiliki beberapa game fighting.
 
Publisher game menyampaikan dukungan moral lewat akun Twitter masing-masing. Hal ini juga direspons oleh beberapa pro player termasuk juara bertahan di EVO Championship Series yang menyatakan tidak akan ikut lagi dalam turnamen ini.
 
Pihak manajemen EVO Championship Series menyatakan sedang dalam proses untuk memutus semua hubungan dengan Joey Cueller dan menunjuk Tony Cannon sebagai CEO baru yang akan memprioritaskan kredibiltas EVO. EVO Championship Series 2020 sempat berencana digelar tanggal 4 Juli 2020.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif