Salah satu keseruan acara bersama Jakarta Good Guide. (Foto: Dok. Jakarta Good Guide)
Salah satu keseruan acara bersama Jakarta Good Guide. (Foto: Dok. Jakarta Good Guide)

kisah

Menjelajahi Jakarta Bersama Jakarta Good Guide

Rona kisah
Raka Lestari • 30 Juni 2020 19:55
Jakarta: Ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta. Untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang bisa dikunjungi, Anda bisa mencari informasi melalui internet.
 
Namun sekarang, ada cara baru untuk menjelajahi Jakarta dengan berjalan kaki seperti yang ditawarkan oleh komunitas Jakarta Good Guide. Tentunya ini jauh lebih menarik jika dibandingkan Anda hanya berjalan-jalan sendirian atau cuma membacanya di sebuah buku.
 
Menjelajahi Jakarta Bersama Jakarta Good Guide
(Candha Adwitiyo adalah co-founder dari Jakarta Good Guide. Foto: Dok. Jakarta Good Guide (JGG))

Mengenal Jakarta Good Guide 

Berjalan-jalan alias tur memang bisa dilakukan dengan berbagai hal. Misalnya yang ditawarkan oleh Jakarta Good Guide (JGG). JGG adalah sekumpulan pramuwisata berlisensi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan Anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia DPD Jakarta, yang membuat tur berjalan kaki atau walking tour dan tur virtual selama masa pandemi covid-19 ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


JGG sendiri memulai tur pertama kali pada bulan September 2014 silam. Tujuan didirikan JGG sendiri menurut Candha Adwitiyo, selaku co-founder JGG pada awalnya adalah untuk membantu turis asing agar bisa menjelajahi kota Jakarta dengan berjalan kaki. 
 
Tetapi saat ini sudah semakin berkembang, tidak hanya turis asing saja, turis lokal juga bisa ikut menjadi peserta untuk bisa menikmati kota Jakarta. Jadi jika Anda pernah melalui sebuah tempat yang mungkin hanya mendengar cerita yang 'katanya-katanya' saja, dengan berjelajah langsung bersama JGG Anda jadi lebih tahu nilai dan cerita sejarahnya.
 
Menjelajahi Jakarta Bersama Jakarta Good Guide
(Jalan-jalan juga diadakan di Chinatown yang diadakan oleh Jakarta Good Guide. Foto: Dok. Jakarta Good Guide (JGG))

Perbedaan JGG dengan tour guide lainnya 

Ada banyak tour yang tersediam tapi JGG punya perbedaan. Perbedaan JGG dengan komunitas tour guide lainnya adalah di JGG terdapat sistem pay as you wish, di mana peserta tidak dibatasi harga tertentu untuk bisa ikut bergabung dengan tur yang diadakan JGG. 
 
Peserta dipersilahkan membayar sesuai kepuasan mereka setelah tur selesai untuk mengapresiasi pramuwisata. Dan untuk mengetahui rute yang diadakan oleh JGG, bisa langsung mengunjungi blog JGG bit.ly/jakartawalkingtour dengan sistem pembayaran pay as you wish tadi. 
 
Biasanya tempat yang dijadikan tur oleh tim dari JGG adalah tempat-tempat yang mempunyai cerita sejarah atau budaya serta menarik untuk dikunjungi. Dan untuk tur ke tempat-tempat yang seram, JGG tidak menyediakan tur secara langsung tetapi bisa dilakukan secara virtual. 
 
Menurut Candha Adwitiyo, sampai saat ini sudah ada 13 orang anggota JGG yang siap membantu para peserta untuk mendampingi tur. 
 
Menjelajahi Jakarta Bersama Jakarta Good Guide
(Virtual tour diadakan oleh JGG sejak pandemi covid-19 ada. Foto: Dok. Jakarta Good Guide (JGG))

Tur pada saat pandemi 

Pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang, JGG melakukan tur secara virtual. “Caranya adalah dengan mendaftar di blog kami, nanti H-1 akan kami kirimkan email konfirmasi berisi detail meeting id, password, link untuk masuk ke aplikasi ZOOM,” ujar Chanda. 
 
Menurut Chanda, untuk melihat rute tur virtual bisa juga melihat di akun Instagram @jktgoodguide. 
 
“Kesulitan tur virtual adalah internet yang lambat sehingga sering kali putus-putus. Skill mengoperasikan ZOOM bersamaan dengan google dan gambar serta video juga perlu dilatih bagi para tour guide," papar Chanda.
 
"Kemampuan untuk berbicara depan layar yang tentunya juga berbeda dengan berbizara di depan orang,” tambah Chanda lagi. 
 
Ia juga menambahkan bahwa untuk mengikuti tur virtual pada dasaranya tidak ada tips khusus, “Tidak ada tips khusus, siapkan saja makanan atau minuman dan tempat yang nyaman untuk menikmati turnya,” tutup Chanda. Jadi, jika pandemi ini sudah tidak ada siapka tenaga untuk berjalan-jalan bersama dengan JGG. Atau jika tak kuat menunggu lama, Anda bisa bertravel virtual tour bersama JGG.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif