Mengenal 4 Roti Prancis yang Terkenal
Sempat sangat terkenal kue bulat kecil ini pernah jadi item yang paling difavoritkan dalam berbagai pesta. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)
Jakarta: Jujur saja tak banyak orang yang tahu tentang berbagai ragam jenis roti-rotian Prancis. Salah satu negara yang merupakan produsen wine terbesar di dunia ini memang memanjakan lidah sekaligus mata dalam hal kuliner. Tak terkecuali dengan berbagai ragam rotinya.

Dilansir dari laman Michelin, salah satu badan yang concern terhadap kualitas serta penyajian makanan berikut ini adalah beberapa roti Prancis yang terkenal yang bisa Anda ketahui.

1. Croissant 
Siapa yang tahu roti yang satu ini. Roti yang sudah banyak dijumpai di Indonesia ini salah satu roti asal Prancis yang sudah terkenal. Kunci utama dalam membuat croissant menurut Meryl Koh yang dahulu bekerja sebagai Digital Associate Editor dengan the Michelin Guide mengatakan yaitu butter yang baik. "Butter dari Normandy dengan titik leleh yang baik memberikan gurih pada kue," ujar Koh.


(Baca juga: Tips agar Roti yang Mengeras Kembali Empuk)

Yang membedakan di roti croissant adalah lapisannya. Dan menurut Koh, croissant yang baik adalah saat dibelah terlihat bagian dalamnya yang bertumpuk-tumpuk mirip sarang madu. Dan Koh menambahkan membuat croissant paling enak seperti zaman dulu yaitu dengan tambahan almond.


(Dibuat dengan bahan terigu, air, ragi dan garam roti ini memang sepertinya keras ketika Anda pegang dan ketuk namun lembut di dalamnya. Foto: Ablimit Ablet/Unsplash.com)

2. Kouign-amann 
Diucapkan qween-ah-mahn, roti ini juga salah satu roti yang banyak dijumpai di beberapa toko roti di sini, namun jenis ini memang tak banyak dibuat. Tapi terima kasih kepada ahli pastry Dominique Ansel yang mempopulerkan roti jenis ini. 

Roti ini banyak disandingkan dengan puff pastry, dan Koh menyebutkan bahwa metode doug pada roti ini sebenarnya sama dengan menumpuk antara adonan bersama butter dan gula. Namun, ini bisa dibilang roti yang teksturnya lebih padat jika dibandingkan dengan croissant yang garing dan kosong. Roti kouign-amann ini memiliki ektra tumpuk dengan gula.

3. Macarón 
Sempat sangat terkenal kue bulat kecil ini pernah jadi item yang paling difavoritkan dalam berbagai pesta. Meringue (kue kering yang manis dan ringan) ini dibuat dengan berbagai warna yang menarik.

Terdiri dari putih telur, icing sugar, gula granulated, bubuk almond, roti mungil yang ringan ini biasanya terdiri dari ganache, buttercream atau selai di dalamnya atau dapat dijadikan juga sandwhich kecil.

4. Baguette 
Dibuat dengan bahan terigu, air, ragi dan garam roti ini memang sepertinya keras ketika Anda pegang dan ketuk namun lembut di dalamnya. Dan cara menikmati baguette yang paling lezat adalah dipadu dengan butter. Sajikan bersama teh hangat dengan madu di sore hari untuk kesempurnaan acara makan Anda.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id