Kedai Kopi Babaji (Foto: Instagram)
Kedai Kopi Babaji (Foto: Instagram)

Keteguhan Ian Mempertahankan Kedai Kopi demi #BangkitDari Pandemi Covid-19

Rona hut ri kisah #BangkitDari
Raka Lestari • 05 Agustus 2020 15:55
Jakarta: Pandemi covid-19 memiliki dampak yang dirasakan hampir semua orang, termasuk para pengusaha kecil dan menengah. Bahkan tidak banyak usaha kecil dan menengah yang harus gulung tikar akibat pandemi covid-19 ini.
 
Meskipun tidak sampai gulung tikar, Ian Septian sebagai pemilik dari Kopi Babaji merasakan dampak dari pandemi covid-19 ini terhadap usaha yang sudah dirintisnya sejak setahun lalu tersebut.

Terpaksa harus mengubur mimpi

Kopi Babaji milik Ian berada di kawasan Rempoa, Ciputat Timur. Dari pendapatannya melalui usaha kopi yang dijalaninya tersebut, ia juga tidak lupa menyisihkannya untuk orang tua.
 
“Kita juga punya keluarga kan yang harus dijaga, seperti orang tua yang memang sebagian kita sisihkan untuk orang tua juga,” tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keteguhan Ian Mempertahankan Kedai Kopi demi #BangkitDari Pandemi Covid-19
Pemilik Kopi Babaji, Ian Septian. (Foto: medcom.id)
 
“Dampaknya dari covid-19 lumayan parah sih karena dari awal buka yaitu bulan Juli tahun lalu sampai awal covid-19 yaitu pada awal tahun, sebenarnya sudah mulai berkembang usaha ini,” ujar Ian.
 
Sayangnya, upaya Ian untuk bisa mengembangkan usahanya, dengan menambah tempat dan jumlah karyawan, tak terpenuhi. Covid-19 membuat impian Ian hilang seketika.

Penurunan pendapatan

Ujian terus dialami Ian. Pendapatan usahanya menurun hingga 50 persen. Bahkan, demi mendukung program pemerintah dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ia pun membatasi jumlah pengunjug ke kedainya hanya lima orang saja. Selebihnya harus take away.
 
“Dan kami juga mendukung pemerintah dengan menjamin kebersihan, seperti untuk cuci tangan disediakan hand sanitizer dan ada sabun untuk cuci tangan juga,” cerita Ian.
 
Selain menurunnya pendapatan, usaha kopi milik Ian juga beberapa waktu lalu sempat terkena penyegelan.
 
Keteguhan Ian Mempertahankan Kedai Kopi demi #BangkitDari Pandemi Covid-19
Saat Kopi Babaji disegel oleh Pemkot Tangsel. (Foto: Instagram)
 
“Jadi ceritanya tuh pada saat malam minggu, kebetulan di sini sedang ada pelanggan dan pas banget sedang melakukan beres-beres. Kemudian ada petugas yang datang dan akhirnya membubarkan,” ujar Ian.
 
Tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, para petugas dengan lantang dan cepat menyegel kedai milik Ian. Tak ayal, kepanikan melanda para tamu yang ada di kedainya, sehingga ada yang tak membayar pesanannya.

Harapan Ian ke depan

“Dari PSBB saja sudah turun 50 persen, ditambah ada penyegelan kan jadinya imej kita tambah turun lagi,” katanya.
 
Ian juga mengaku bahwa sebenarnya, ia merasa cukup berat untuk menolak pelanggan yang datang ke tempatnya tersebut. Terutama untuk pelanggannya yang memang suka minum kopi di tempatnya.
 
Bahkan pelanggan-pelanggan yang sering datang ke tempatnya pun harus ditolak karena protokol kesehatan. Dan mereka rata-rata yang pelanggan tetap ini, mau tidak mau take away karena sebenarnya mereka ingin sambil ngopi sambil nongkrong.
 
“Yang dibilang akan ada bantuan ke UMKM kecil, saya harap bisa sampai dan tepat sasaran ke pedagang-pedagang dan usaha kecil kaya saya ini, biar tidak banyak yang gulung tikar dan tidak ada masalah baru lagi,” kata Ian.
 
Ian juga berharap bahwa kedai miliknya tersebut bisa terus bertahan. Memang saat ini mengandalkan ojek online dan takeaway saja.
 
"Saya harap covid-19 ini bisa segera berakhir dan kita bisa bareng-bareng lagi, kumpul bersama teman, keluarga untuk menikmati kopi nusantara di Kopi Bajaji,” tutup Ian.
 
Terus berkarya dan berusaha adalah salah satu langkah #BangkitDari kondisi keterpurukan dalam pandemi covid-19 untuk Jaga Indonesia.
 
#BangkitDari adalah gerakan yang digaungkan oleh Medcom.id tentang cerita mereka yang tetap berjuang di tengah pandemi covid-19.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif