Tekstur dan aroma piza yang menggiurkan memengaruhi seseorang menjadi selalu merasa kelaparan. (Foto Ilustrasi: Nicolas Perondi/Unsplash.com)
Tekstur dan aroma piza yang menggiurkan memengaruhi seseorang menjadi selalu merasa kelaparan. (Foto Ilustrasi: Nicolas Perondi/Unsplash.com)

Piza dan Kaitannya dengan Otak Manusia

Rona kuliner
Dhaifurrakhman Abas • 30 Desember 2018 15:07
Kenyataan bahwa karena pilihan bahan baku yang mengandung lemak, gula, dan garam dalam piza, yang menyenangkan amigdala (sel neuron di otak) dan membuat otak sangat bahagia.
 
Jakarta: Rasanya tak mungkin ada orang yang menolak jika ditawari mencicipi Piza. Apalagi dalam keadaan hangat dan diberikan saus tomat asin, berikut keju kenyal yang mengelilinginya.
 
Boleh dikata, piza bak kenikmatan duniawi. Buktinya, baru-baru ini penganan asli Italia itu masuk dalam peringkat makanan yang dikaitkan dengan indikator kecanduan. Hal ini diteliti oleh ilmuwan psikologi dari University of Michigan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam studi yang dipublikasikan Jurnal PLOS One itu, piza bikin orang ketagihan karena tinggi lemak dan memiliki indeks glikemik. Zat penyebab gula darah itu pada akhirnya menimbulkan respons psikologis yang sama dengan obat-obatan terlarang.
 
“Hal ini pada hubungannya berkontribusi pada perilaku yang membuat kecanduan," kata Erica M. Schulte, psikolog klinis dan penulis studi tersebut, seperti dikutip CNN.
 
Herbert Stone, seorang ilmuwan sensorik, mencoba menelisik lebih jauh faktor yang membuat piza bikin orang ketagihan. Katanya hal itu karena piza terbuat dari kombinasi bahan baku yang memengaruhi sel neuron pada otak ketika dikonsumsi manusia.
 
"Kenyataan bahwa karena pilihan bahan baku yang mengandung lemak, gula, dan garam, yang menyenangkan amigdala (sel neuron di otak) dan membuat otak sangat bahagia," ujar Stone.
 
Lebih lanjut, sistem indra penciuman dan pengelihatan juga berkontribusi menentukan seseorang bisa mengalami kecanduan. Sebabnya tekstur dan aroma piza yang menggiurkan memengaruhi seseorang menjadi selalu merasa kelaparan.
 
"Kombinasi piza memiliki daya tarik yang sangat besar. Dari sudut pandang sensorik, ini sangat kompleks dan membuat lapar," tandasnya.
 
Kuliner Khas Tionghoa dari Bangka (2)

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi