Keindahan Pulau Lombok bisa menjadi tempat Anda dan keluarga nikmati. Berikut ulasannya. (Foto: Dok. Indonesia.travel/Kemenparekraf)
Keindahan Pulau Lombok bisa menjadi tempat Anda dan keluarga nikmati. Berikut ulasannya. (Foto: Dok. Indonesia.travel/Kemenparekraf)

Jelajahi Keindahan Pulau Lombok

Rona wisata Wisata Lombok Kemenparekraf Lombok
Sunnaholomi Halakrispen • 26 Mei 2020 10:00
Jakarta: Pulau Lombok yang indah, dengan pantai-pantainya, Gunung Rinjani yang agung, dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat tidak memiliki kekurangan objek wisata baik di dalam maupun di luar air. 
 
Tidak heran Lombok menjadi salah satu tujuan paling populer di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, ada beragam keindahan di Pulau Lombok yang bisa Anda nikmati, berdasarkan data dari Indonesia Travel.

1. Trek Menantang

Coba tantang diri Anda dengan mendaki puncak gunung berapi yang curam. Sewalah sepeda dan bersepeda melintasi sawah hijau yang subur. Berkeliling menikmati suasananya.
 
Apa pun cara yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu, Anda tidak akan kecewa dengan keindahan alam spektakuler yang ditawarkan di sini. Pulau Lombok dipisahkan oleh selat Lombok dari Pulau Bali di Barat dan Selat Alas di Timur dari Pulau Sumbawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang-orang Sasak adalah kelompok etnis dominan yang tinggal di pulau ini, yang juga terdiri dari lima wilayah. Di antaranya, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat dan kota Mataram ibu kota Nusa Tenggara Barat.
 
Lombok Utara adalah tempat Anda dapat melakukan pendakian besar ke Gunung Rinjani dan berlama-lama sampai matahari terbenam di pantai-pantai indah Gili.
 
Gunung Rinjani adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia, dengan puncaknya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Danau Kawah Segara Anak yang terletak di atas gunung berapi, adalah salah satu pemandangan indah yang harus Anda singgahi dan kagumi.

2. Jelajahi Perairan

Di antara lebih dari 20 gili nama lokal yang berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak, ada tiga menonjol yang menjadi tujuan hot spot. Ketiganya yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.
 
Gili Trawangan atau Gili T, adalah tempat para pelancong berduyun-duyun untuk menikmati suasana santai di siang hari dan masih bangun untuk menikmati pesta cahaya bulan sepanjang malam di tepi pantai. 
 
Anda juga dapat menikmati menyelam scuba yang luar biasa dan mengelilingi pulau dengan sepeda untuk menyaksikan matahari terbenam yang paling menakjubkan.
 
Gili Meno didefinisikan oleh bentangan panjang pantai-pantai putih mutiara yang akan memberi Anda suasana terpencil. Terkenal dengan tujuan bulan madu, pulau ini menyediakan akomodasi mulai dari bungalo unik hingga resor mewah yang menghadap panorama luar biasa.
 
Gili Air adalah campuran dari dua getaran, di mana Anda masih dapat menikmati keceriaan atau ada di sudut damai dan hanya menikmati angin laut. 
 
Lombok Tengah adalah tempat pantai-pantai indah ini berada. Pantai Kuta, Tanjung A'an, dan Pantai Mawun hanyalah beberapa dari daftar. Jangan lewatkan untuk meningkatkan keterampilan menaiki ombak Anda di Pantai Selong Belanak yang indah, atau berjalan ke Bukit Merese dan nikmati pemandangannya.
 
Jelajahi Keindahan Pulau Lombok
(Indahnya pantai yang bisa Anda kunjungi di Pulau Lombok. Foto: Dok. Indonesia.travel/Kemenparekraf)

Berbaur dengan penduduk setempat

Di sini Anda juga dapat mengunjungi desa-desa tradisional dan bergabung dengan penduduk asli suku Sasak untuk mengalami kehidupan sehari-hari mereka di desa tenun Sade dan Rambitan. 
 
Anda dapat memelajari satu atau dua hal dari para wanita luar biasa dengan keterampilan menenun yang menghasilkan tekstil berkualitas tinggi.
 
Anda juga bisa menyeberang laut ke Pulau Sumbawa dari pelabuhan di Lombok Timur. Jika Anda suka menjelajahi sesuatu yang baru, Anda bisa menemukan pantai pasir hitam Obel-Obel yang menarik.
 
Di Lombok Barat, Anda dapat berlama-lama di pantai Senggigi dan menemukan kehidupan liar di Hutan Kera di Desa Pusuk, tepat di perbatasan antara Lombok Utara dan Lombok Barat. Berhati-hatilah dengan barang-barang Anda dan jauhkan dari jangkauan monyet.
 
Mataram adalah pusat pemerintahan dan industri. Ini terdiri dari distrik kota tua Ampenan, Cakranegara sebagai distrik komersial dan kota Mataram sebagai distrik perkantoran.
 
Luangkan waktu untuk mengunjungi Museum Nusa Tenggara Barat, Taman Mayura, dan Taman Narmada untuk menemukan lebih banyak cerita tentang pulau itu.
 
Untuk jiwa petualang, Anda dapat menjelajahi lebih banyak pantai selatan seperti Pantai Tangsi 'Pink' yang terkenal di sebelah tenggara, dengan karang yang indah membuat pantai tampak memerah.
 
Jelajahi jalan setapak untuk menemukan Air Terjun Senaru dan Air Terjun Benang Kelambu yang menakjubkan untuk pemandangan yang menenangkan.
 
Jelajahi Keindahan Pulau Lombok
(Pemandangan air terjun yang cantik. Foto: Dok. Indonesia.travel/Kemenparekraf)

Akses menuju Pulau Lombok

Jika Anda melalui jalur udara, ada penerbangan harian antara Denpasar, Bali dan ibu kota Lombok, Mataram. Bandara Internasional Lombok (LOP) di Tanah Awu, Kabupaten Lombok Tengah terletak sekitar 30 km atau satu jam perjalanan ke tenggara Mataram. 
 
Namun, apabila Anda hendak menggunakan Kapal Ferry, umumnya bepergian antara Padangbai (Bali) dan Lembar (Lombok) beberapa kali sehari. Perjalanan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Sepeda motor dan mobil dapat dibawa menggunakan feri. 
 
Feri bepergian antara Labuhan Lombok dan Poto Tano di Sumbawa beberapa kali sehari. Perjalanan ini memakan waktu satu setengah jam.
 
Sedangkan, jika Anda menggunakan Kapal Cepat, Blue Water Safari Express adalah salah satu perusahaan kapal cepat yang akan membawa Anda dari Bali ke daratan Lombok. 
 
Ada dua titik keberangkatan yang nyaman dari Bali, yakni Serangan (hanya di dekat Pelabuhan Benoa) dan Pelabuhan Padang Bai. Anda juga dapat melihatnya di website untuk opsi lebih lanjut dan informasi seputar transportasi atau akomodasi di pulau yang indah ini.

Berkeliling

Di daratan Lombok, Anda dapat berkeliling dengan menyewa sepeda motor atau mobil dari penyedia tepercaya. Transportasi umum adalah minibus ber-AC alami yang disebut Bemo. Ini akan membawa Anda ke sebagian besar tempat wisata, tetapi hanya beroperasi di siang hari. 
 
Saat malam tiba, akan ada ojek, alat transportasi sepeda motor tanpa meter yang memungkinkan Anda untuk melatih keterampilan tawar-menawar Anda sebelum naik. 
 
Lalu, yang paling unik adalah Cidomo, yang bisa ditemukan di pantai Senggigi atau Gili. Itu nama panggilan untuk Cikar-Dokar-Motor, sebuah gerobak dengan tenaga kuda yang cukup untuk membawa sekitar empat orang. Jika pandemi korona atau covid-19 sudah tiada, pastikan Anda menyambangi tempat-tempat yang indah ini.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif