Ombak keras yang terhempas di dinding tebing karang menjadi pemandangan indah Pantai Jogan di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)
Ombak keras yang terhempas di dinding tebing karang menjadi pemandangan indah Pantai Jogan di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Pesona Pantai Jogan di Selatan Yogyakarta

Rona wisata yogyakarta Pantai Jogan
Arthurio Oktavianus Arthadiputra • 24 Mei 2020 06:00
Yogyakarta: Sisi selatan Yogyakarta menyimpan banyak pesona pantai nan indah. Batu karang di bibir pantai, menjadi bebatuan khas penanda dasar lautan jutaan tahun silam. Seperti yang dimiliki oleh Pantai Jogan. 
 
Berada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Jogan berdekatan dengan pantai indah lainnya. Seperti Pantai Timang di sisi barat, Pantai Siung dan Nglambor di sisi timur. Jarak dari Kota Yogyakarta sekitar 79 kilometer, dengan waktu tempuh selama dua jam berkendaraan motor.
 
Jalan menuju Pantai Jogan bisa dikatakan tak sulit ditelusuri. Aspal mulus hingga jalan persimpangan yang dilanjutkan dengan menembus hutan berjalan semen yang tak terlalu lebar. Meski begitu, mobil bisa melenggang pelan menerobos jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemandangan khas daerah karst berupa pepohonan jati dan bukit-bukit karang akan terlihat di sepanjang perjalanan. Sesekali akan tampak lahan perkebunan dan pertanian penduduk nan luas di pinggir jalan. Sore hari, lalu lalang penduduk bertopi caping membawa dedaunan di punggung, ramai dijumpai.
 
Pesona Pantai Jogan di Selatan Yogyakarta
(Tanpa garis batas laut, pesona indah Pantai Jogan tak memudar untuk dinikmati. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Tanpa garis batas laut

Pantai Jogan merupakan pantai selatan Yogyakarta yang bisa dibilang unik. Tak seperti pantai umumnya, pantai ini tak memiliki pasir putih dan garis batas laut. Namun, traveler bisa menemukan air terjun nan indah, kalau beruntung.
 
Air terjun di Pantai Jogan bisa dilihat saat musim penghujan. Mengalir dari tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun langsung jatuh di bibir pantai. 
 
Curahan yang deras menghasilkan bunyi hempasan air yang keras. Musik alami dari bibir Pantai Jogan yang beradu dengan deburan ombak.
 
Tersedia jalur trekking menuju bukit karang yang melewati air terjun. Dari bukit ini, traveler bisa memandang luas pesona pantai dari ketinggian, pada pondok-pondok kecil beratap ilalang yang menambah eksotis pemandangan.
 
Pesona Pantai Jogan di Selatan Yogyakarta
(Penduduk memancing lobster dari tebing karang Pantai Jogan yang curam, dengan pesona buih ombak yang terbentuk saat menabrak dinding tebing. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Tebing curam

Sepanjang Pantai Jogan ditemukan tebing karang yang curam sehingga traveler harus berhati-hati saat melangkah. Tajamnya karang mengharuskan Anda memakai alas kaki yang nyaman. 
 
Bila musim hujan, bisa canyoning atau rappelling di air terjun. Di musim kemarau, bisa turun ke karang tepi pantai melalui tangga bambu. Bila sudah menjejak di karang, bisa bermain dengan ombak pantai sambil mencari anak kepiting yang berlarian di antara lobang-lobang karang.
 
Anda juga bisa melihat penduduk memancing lobster dari tebing curam. Sambutan ramah penduduk setempat mungkin akan mengajarkan cara memancing lobster menggunakan tali pancing panjang, yang dilempar dari atas tebing curam. Jadi, sesudah pandemi pastikan langkah kaki Anda kemari.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif