Banyak restoran di sebuah hotel akan tetap tutup atau membatasi kapasitas. Jika tetap ditutup, hotel akan menawarkan layanan pengiriman makanan ke kamar. (Foto: Pexels)
Banyak restoran di sebuah hotel akan tetap tutup atau membatasi kapasitas. Jika tetap ditutup, hotel akan menawarkan layanan pengiriman makanan ke kamar. (Foto: Pexels)

Begini Kondisi Restoran di Hotel Menyambut New Normal

Rona hotel restoran
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Juni 2020 19:05
Jakarta: Pandemi covid-19 meninggalkan kekhawatiran bagi sejumlah orang. Terutama tentang kesehatan dan kebersihan diri.
 
Akibat kasus covid-19, berbagai sektor pun mengubah tatanannya. Salah satunya kondisi restoran di masing-masing hotel.
 
Menurut Amani Roberts, co-direktur Pusat Manajemen Hiburan dan Perhotelan Cal State Fullerton, gerai makanan dan minuman di hotel dan fasilitas kuliner akan lebih terpengaruh daripada area lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pribadi berpikir prasmanan tidak akan ada lagi, yang akan meningkatkan biaya makanan untuk hotel," tutur Roberts dikutip dari CNBC.
 
AHLA merekomendasikan membatasi prasmanan. Tetapi jika diminta, mereka akan dilayani dengan petugas yang menggunakan masker. Remington Hotels mengubah pelayanannya, dari prasmanan ke pengaturan tempat duduk terbuka di area luar ruangan.
 
"Banyak restoran di sebuah hotel akan tetap tutup atau membatasi kapasitas. Jika tetap ditutup, hotel akan menawarkan layanan pengiriman makanan ke kamar, beberapa melalui sistem ambil kemudian pergi dengan cepat," ucapnya.
 
Restoran hotel pindah ke menu kertas dan digital, yang terakhir terletak di dinding atau melalui ponsel pelanggan, dengan ketergantungan baru pada produk plastik dan kertas sekali pakai. Kursi bar dilepas untuk menyediakan ruang di antara para pelanggan.
 
Sedangkan pembayaran akan dilakukan di sisi meja di terminal kartu kredit seluler yang sudah disanitasi. Seperti yang diterapkan di InterContinental Los Angeles Downtown.
 
Hotel-hotel lain pun semakin kreatif. Menu layanan kamar sedang diperluas melalui pengiriman dengan mengetuk pintu kamar tamu, meninggalkan pesanan, lalu pelayan segera pergi. Pemesanan juga dilakukan melalui telepon seluler pelanggan, seperti yang ditawarkan di lebih dari 3.200 hotel Marriott.
 
The Palms Turks & Caicos memperkenalkan menu makan dalam kamar bergaya keluarga, dan Washington School House Hotel yang bersejarah di Park City Utah, telah memulai pilihan tempat makan baru. Pada metode ini, para tamu dapat makan di bagian hotel yang tenang, dengan kolam renang dan di taman tanpa berkerumun.
 
Selain itu, banyak area olahraga dan rekreasi ditutup atau beroperasi dengan kapasitas terbatas dan pembersihan yang ditingkatkan. Beberapa hotel membatasi kolam hingga setengah dari jumlah kapasitas normal saja yang diizinkan masuk.
 
"Mirip dengan tamu yang membuat janji (reservasi) pijat, hotel sekarang mungkin memerlukan pemesanan di muka untuk menggunakan lapangan tenis, kolam renang, spa, dan fasilitas lainnya," tutur Rob Karp, CEO agen perjalanan mewah MilesAhead.
 
Itulah yang diputuskan oleh Maine's Kennebunkport Resort Collection ketika membuat gym hanya dapat diakses dengan reservasi. Ini membersihkan gym sebelum dan sesudah kedatangan setiap tamu, bahkan memperkenalkan opsi kebugaran di dalam kamar.
 
Hotel-hotel lain memungkinkan para tamu untuk menggunakan sepeda, kursi pantai, dan payung, tetapi membersihkannya setelah setiap kali digunakan. Sistem pembersihan dilakukan lebih intens dibandingkan sebelum adanya kasus covid-19.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif