Mengapa tidak ada pendaki yang sampai ke puncak gunung Gangkhar Puensum? Berikut informasinya. (Foto: Courtesy of Conde Nast Traveler)
Mengapa tidak ada pendaki yang sampai ke puncak gunung Gangkhar Puensum? Berikut informasinya. (Foto: Courtesy of Conde Nast Traveler)

Puncak Gunung yang Tak Pernah Didaki

Rona wisata
Anda Nurlaila • 01 Juli 2019 10:00
Gunung Gangkhar Puensum di Bhutan belum pernah ditapaki oleh siapa pun. Ketinggiannya mencapai 24.836 kaki di atas permukaan laut. Penyebabnya adalah layanan penyelamatan langka di daerah tersebut dan berkaitan dengan hukum nasional. Di wilayah Bhutan ini, adat istiadat setempat menganggap gunung sebagai tempat suci, rumah bagi roh suci. Dan undang-undang di Bhutan sejak 1994 melarang pendaki untuk mendaki gunung ini lebih dari 6.000 meter.
 

Jakarta: Sejak sekolah dasar sebagian besar kita telah mengetahui bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Ribuan penjelajah dan pendaki telah mencapai puncak Everest. 
 
Tapi ada fakta, ada pegunungan yang meski tidak setinggi Everest. Tetapi belum pernah didaki manusia hingga ke puncaknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penentuan gunung tertinggi adalah sesuatu yang cukup rumit. Karena sulit menentukan di mana puncak suatu gunung dan tidak ada catatan pendakian bagi yang telah mencapai puncaknya. 
 
Tetapi sebagian besar sumber menganggap gunung di Bhutan, Gangkhar Puensum atau "Puncak Putih dari Tiga Bersaudara Spiritual," sebagai puncak gunung tertinggi yang tidak bisa didaki di dunia. 
 
Puncak Gunung yang Tak Pernah Didaki
(Gunung Gangkhar Puensum di Bhutan belum pernah ditapaki oleh siapa pun. Ketinggiannya mencapai 24.836 kaki di atas permukaan laut. Penyebabnya adalah layanan penyelamatan langka di daerah tersebut dan undang-undang yang melarang pendaki untuk mendaki gunung ini lebih dari 6.000 meter. Foto: Courtesy of Himalayan Adventures)
 
Gunung ini terletak di perbatasan Bhutan dan Cina dan mencapai ketinggian 24.836 kaki di atas permukaan laut. Sebagai perbandingan, gunung Everest berada pada ketinggian 29.029 kaki di atas permukaan laut.
 
Mengapa tidak ada pendaki yang sampai ke puncak gunung Gangkhar Puensum? Penyebabnya adalah layanan penyelamatan langka di daerah tersebut. Alasan utamanya berkaitan dengan hukum nasional di sana. Di wilayah Bhutan ini, adat istiadat setempat menganggap gunung sebagai tempat suci, rumah bagi roh suci. 
 
Undang-undang di Bhutan sejak 1994 melarang pendaki untuk mendaki gunung ini lebih dari 6.000 meter dari total lebih dari 7.500 meter. Di samping itu, kerusakan akibat pendakian Everest juga membuat pemerintah setempat menetapkan aturan tersebut. 
 
Sebelum hukum diberlakukan, beberapa ekspedisi mencoba mendaki gunung, namun harus kembali. Satu tim pendaki dari Jepang pada 1998 mendapat izin China untuk mendaki gunung tersebut. Namun usaha ini digagalkan pejabat Bhutan. 
 
Bercita-cita menjadi orang pertama yang mendaki gunung Gangkhar Puensum? Lebih baik sisihkan gunung ini dari daftar Anda. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif