Cahaya seperti taman dalam film Avatar ini berada di Supertree Grove, dalam area Gardens by the Bay, Singapura. (Foto: Dok. Singaporeguidebook)
Cahaya seperti taman dalam film Avatar ini berada di Supertree Grove, dalam area Gardens by the Bay, Singapura. (Foto: Dok. Singaporeguidebook)

Mengunjungi Supertree Grove di Singapura

Rona wisata singapura Supertree Grove Gardens by the Bay
Yatin Suleha, Kumara Anggita • 28 Mei 2020 08:00
Jakarta: Bila Anda berkunjung ke Singapura, Anda bisa menemukan pohon raksasa yang menakjubkan. Pohon ini memberikan suasana modern dengan sentuhan natural. Dilansir dari Great Big Story, Anda akan menemukannya di Supertree Grove, sebuah hutan buatan manusia yang ada di dalam Gardens by the Bay. 
 
Ukurannya bukan main-main antara 25 dan 50 meter. Supertree ini sangat ikonik dan struktur buatan yang dibentuk menyerupai pohon raksasa dan terlihat ramah lingkungan. 
 
Setiap supertree terdiri dari inti batang yang terbuat dari beton bertulang yang dibungkus dengan rangka baja. Tempat ini dibuat oleh pemerintah Singapura dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dengan tanaman-tanaman hijau dan bunga. Di hutan ini, ada sekitar 18 pohon raksasa yang indah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengunjungi Supertree Grove di Singapura
(Menaikin ketinggian di OCBC Skyway, Anda bisa melihat kota Singapura. Foto: Dok. Singaporeguidebook)
 
Setiap supertree terkoneksi dengan jalanan sehingga orang-orang bisa menyebrang ke pohon-pohon lainnya sambil melihat suasana perkotaan dari ketinggian.
 
Pada siang hari, supertrees memberi keteduhan dengan kanopi besar yang dimilikinya. Sedangkan saat malam hari, pohon-pohon berkelap kelip dihiasi dengan lampu berwarna-warni. Plus alunan musik. Itu adalah Garden Rhapsody, yang diadakan setiap malam setiap jam 19.45 dan 20.45, dan gratis lho.
 
Pengalaman berjalan di OCBC Skyway tidak boleh dilewatkan, karena merupakan jembatan sepanjang 128 meter yang menghubungkan dua supertree paling besar. Jangan ragu untuk berfoto di sini.
 
Uniknya, bagian teratas supertree memiliki sel photovoltaic yang dapat memanfaatkan energi surya. Fungsi sel ini yaitu untuk menyerap dan memancarkan lagi energi matahari tersebut untuk digunakan tumbuhan dalam berfotosintesis. 
 
Mengunjungi Supertree Grove di Singapura
(Gratis jika Anda hanya melihat-lihat di area Supertree Grove. Foto: Pexels.com)
 
Energi ini juga digunakan untuk pertunjukan malam di Supertree Grove dan juga untuk mengaliri udara sejuk di sekitar konservasi Flower Dome dan Cloud Forest.
 
Berdiri tegak sejak Juni 2012 silam, tempat ini menjadi tempat untuk lebih dari ribuan pakis, angrek, dan tanaman merayap lainnya digabungkan pada pohon raksasa ini. 
 
Tempat ini terlihat hangat di siang hari, dan romantis di malam hari karena cahaya yang dipancarkan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto.
 
Anda bisa memasuki Supertree Grove gratis, namun harus membeli tiket untuk naik ke OCBC SkyWay (SGD5 untuk anak-anak dan SGD8 untuk dewasa). Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif